Rekor Baru! Pengeluaran Lobby Industri Crypto di AS Capai $20 Juta di 2023

author:

Rekor Baru! Pengeluaran Lobby Industri Crypto di AS Capai $20 Juta di 2023

Industri crypto di Amerika Serikat telah menghabiskan lebih dari $20 juta untuk upaya lobby di tahun 2023. Menurut laporan CoinGecko, angka ini belum termasuk data untuk kuartal keempat, sehingga total pengeluaran lobi tahun ini kemungkinan akan melampaui rekor tahun lalu.

Perkembangan Pengeluaran Lobby Crypto

lobby crypto amerika serikat
Sumber: CoinGecko

Pada periode 2019 hingga 2020, total anggaran lobby perusahaan crypto AS berkisar antara $2,5 juta hingga $3 juta, yang hanya mencakup kurang dari 3% dari total pengeluaran lobby perusahaan Wall Street.

Namun, angka ini melonjak menjadi $8,5 juta pada 2021 dan mencapai puncaknya di angka $22 juta pada 2022. Hingga saat ini, pengeluaran lobby crypto telah mencapai 19,7% dari total pengeluaran lobi Wall Street.

Jumlah perusahaan yang terlibat dalam pengeluaran lobi tidak berubah secara signifikan dibandingkan tahun lalu, dengan 56 perusahaan tahun ini dibandingkan 57 perusahaan pada 2022. Meski begitu, ini masih jauh lebih banyak dibandingkan tahun 2021 (37 perusahaan), 2020 (17 perusahaan), dan 2019 (19 perusahaan).

Baca juga: IOSCO Rilis Rekomendasi Regulasi Global untuk Pasar Crypto, Apa Dampaknya Bagi Investor?

Pemimpin Pengeluaran Lobby Crypto

Coinbase telah menjadi pemimpin dalam upaya pengeluaran sejak 2019 hingga 2023, dengan total pengeluaran mencapai $7,5 juta. Tempat kedua ditempati oleh Asosiasi Blockchain non-komersial, dengan pengeluaran sebesar $5,23 juta.

Ripple mengikuti di tempat ketiga dengan pengeluaran lobi crypto sebesar $3,46 juta. Daftar organisasi yang secara konsisten berpartisipasi dalam upaya lobi mencakup Kamar Dagang Digital, Asosiasi Bitcoin, dan Anchorage Digital.

Meski demikian, data penelitian ini tidak mencakup kasus pengeluaran campuran untuk isu crypto dan non-crypto, seperti upaya lobby dari PayPal, JP Morgan, IBM, dan perusahaan lainnya yang kini terlibat dalam ekonomi aset digital.

Pada akhirnya, pengeluaran lobby crypto di AS kemungkinan lebih besar dari yang dilaporkan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: