Meski Menghadapi Kontroversi, Rekor Pendaftaran Harian Worldcoin (WLD) Capai 9.500 Pengguna di Argentina

author:

Meski Menghadapi Kontroversi, Rekor Pendaftaran Harian Worldcoin (WLD) Capai 9.500 Pengguna di Argentina

Worldcoin (WLD), proyek crypto yang berfokus pada identitas manusia, mencatatkan rekor pendaftaran harian di Argentina dengan lebih dari 9.500 pengguna terverifikasi dalam satu hari. Prestasi ini dicapai meskipun ada investigasi berkelanjutan oleh otoritas Argentina mengenai penanganan data oleh Worldcoin.

Rekor Pendaftaran Harian Worldcoin di Argentina Capai 9.500

rekor pengguna worldcoin di argentina
Sumber: Twitter

Berdasarkan cuitan akun Worldcoin pada 31 Agustus 2023, Worldcoin berhasil mencatatkan rekor pendaftaran harian di Argentina dengan lebih dari 9.500 pengguna terverifikasi. Menurut laporan, proses verifikasi rata-rata memakan waktu kurang dari sembilan detik per orang.

Baca juga: Kandidat Pro-Bitcoin, Javier Milei, Memimpin Pemilihan Presiden Argentina!

Lebih lanjut, Worldcoin telah menempatkan fasilitator di 38 lokasi berbeda di Argentina, sebagian besar di ibu kota Buenos Aires. Meski ada kontroversi mengenai privasi data, banyak warga Argentina yang tetap mendaftar. Bahkan, aplikasi Worldcoin sempat menjadi aplikasi nomor satu di App Store Argentina.

Kontroversi dan Investigasi terhadap Worldcoin

Worldcoin adalah sebuah proyek berbasis blockchain yang memungkinkan seseorang untuk membuktikan bahwa mereka adalah manusia dengan cara memindai iris mata mereka. Ketika pengguna memverifikasi ke-manusia-annya, mereka akan diberikan “ID Dunia” yang dapat diintegrasikan ke dalam aplikasi di masa depan untuk membuktikan bahwa mereka bukan bot atau program kecerdasan buatan (AI).

Menjadi fenomenal, proyek ini didirikan oleh salah satu pendiri OpenAI, Sam Altman, yang berpendapat bahwa ID manusia akan dibutuhkan di masa depan karena program AI menjadi lebih canggih dan tidak dapat dibedakan dengan manusia.

Sejak peluncurannya pada 25 Juli 2023 lalu, Worldcoin telah menjadi subjek kritik dari para advokat privasi data. Mereka berpendapat bahwa proyek ini terlalu terpusat dan berpotensi membocorkan data biometrik pengguna.

Selain itu, otoritas Argentina juga telah membuka investigasi terhadap praktik privasi Worldcoin. Selain itu, Worldcoin juga telah ditangguhkan di Kenya, di mana proyek ini sebelumnya telah mendaftarkan ratusan ribu pelanggan. Telusuri selengkapnya di Kenya Bentuk Komite untuk Selidiki Proyek Crypto Worldcoin (WLD).

Bonus dan Masa Depan Worldcoin

Worldcoin memberikan bonus pendaftaran berupa 25 koin WLD, yang saat ini bernilai sekitar 10.239,48 peso Argentina atau sekitar $29,25. Bonus ini cukup untuk membeli dua makan siang di distrik bisnis kota-kota besar di Argentina.

Meski ada kontroversi dan investigasi, Worldcoin tetap optimis tentang masa depannya dan berencana untuk memperluas tim serta layanannya.

Pada akhirnya, meskipun dikelilingi oleh kontroversi dan investigasi, Worldcoin tetap menunjukkan pertumbuhan yang signifikan, terutama di Argentina. Dengan bonus pendaftaran dan proses verifikasi yang cepat, Worldcoin berpotensi menjadi pemain penting dalam ekosistem crypto apabila mereka dapat mengatasi masalah privasi dan keamanan data yang dikhawatirkan banyak orang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: