Arus Masuk Produk Investasi Crypto Sentuh $1,18 Miliar di Tengah Peluncuran ETF Bitcoin Spot!

author:

Arus Masuk Produk Investasi Crypto Sentuh $1,18 Miliar di Tengah Peluncuran ETF Bitcoin Spot!

Sektor crypto baru saja menyaksikan gelombang investasi yang mengesankan dengan total dana masuk mencapai $1,18 miliar. Kejadian ini bertepatan dengan peluncuran yang sangat diantisipasi dari ETF Bitcoin Spot, yang tampaknya meningkatkan keyakinan investor untuk mengalokasikan dana mereka ke dalam aset digital yang bergerak cepat ini.

Investasi Segar Mengalir ke Crypto

arus masuk crypto 2024
Sumber: CoinShares

Menurut laporan terkini dari CoinShares, produk-produk investasi dalam aset crypto telah menerima aliran dana segar sebesar $1,18 miliar. Angka ini belum melampaui rekor tertinggi $1,5 miliar yang dicapai oleh ETF Bitcoin berbasis futures pada Oktober 2021, namun tetap menunjukkan tingkat kepercayaan yang kuat dari para investor.

Baca juga: Fear & Greed Index Bitcoin Jatuh ke ‘Netral’, Apa yang Terjadi?

Bitcoin sendiri berhasil menarik dana sejumlah $1,16 miliar, yang merupakan sekitar 3% dari total aset yang dikelola. Sementara itu, Ethereum dan XRP juga mengalami peningkatan dengan inflow sebesar $26 juta dan $2,2 juta.

Namun, tidak semua mata uang crypto beruntung mendapatkan inflow yang signifikan, dengan Cardano dan Solana hanya menerima $1,4 juta dan $0,5 juta. Ini menandakan bahwa investor mungkin lebih memilih aset crypto tertentu untuk diinvestasikan.

arus masuk crypto
Sumber: CoinShares

Fokus pada ETF Bitcoin Spot

Peluncuran ETF Bitcoin Spot telah menimbulkan kegembiraan yang besar di kalangan pasar crypto. Meskipun harga Bitcoin turun sekitar 1% dalam 24 jam terakhir, terjadi peningkatan volume perdagangan sebesar 40%, yang menunjukkan adanya peningkatan ketertarikan dari para pedagang.

Di sisi lain, Ethereum menunjukkan kenaikan harga melewati $2.500, dengan peningkatan volume perdagangan yang signifikan. Pasar di Amerika Serikat menjadi sorotan dengan inflow sebesar $1,24 miliar hanya dalam satu minggu.

Sebaliknya, negara-negara Eropa seperti Jerman, Kanada, dan Swedia mengalami outflow. Hal ini mungkin menandakan perpindahan fokus investasi dari Eropa ke Amerika Serikat, sejalan dengan peluncuran ETF Bitcoin Spot.

Baca juga: Heboh! ETF Bitcoin BlackRock dan Fidelity Raup Dana Raksasa dalam 2 Hari

Analisis dan Proyeksi Harga Pasar

Bitcoin baru-baru ini mengalami penurunan performa bulanan yang cukup signifikan, yang mengejutkan sejumlah investor. Setelah SEC Amerika Serikat memberikan persetujuan untuk ETF Bitcoin Spot, terjadi lonjakan harga Bitcoin yang kemudian mereda.

Analis pasar Tony Sycamore dari IG Australia Pty memperkirakan bahwa Bitcoin bisa jatuh ke kisaran harga $38.000 hingga $40.000. Namun, masih banyak yang optimis terhadap prospek jangka panjang Bitcoin dan mata uang crypto lainnya.

ETF Bitcoin Spot dianggap sebagai tonggak penting dalam sejarah crypto, yang memberikan akses yang lebih mudah bagi investor institusional dan ritel. Meskipun demikian, masih ada keraguan yang muncul mengingat fluktuasi yang terjadi di pasar crypto selama tahun 2022.

Dengan adanya aliran dana yang besar dan peluncuran ETF Bitcoin Spot, pasar crypto tampaknya sedang memasuki fase baru. Meskipun terdapat ketidakpastian dan volatilitas, antusiasme investor terhadap aset digital ini tetap tinggi.

Sekarang, semua mata tertuju pada bagaimana pasar crypto akan berkembang di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: