Rekor Baru! Hampir 40 Juta Alamat Bitcoin Menghasilkan Keuntungan Meski Harga Turun 50%!

Rekor Baru! Hampir 40 Juta Alamat Bitcoin Menghasilkan Keuntungan Meski Harga Turun 50%!

Meski harga Bitcoin (BTC) masih 50% di bawah harga puncak tertingginya (ATH), jumlah alamat Bitcoin yang menghasilkan keuntungan mencapai rekor baru. Data terbaru menunjukkan bahwa sebanyak 80% alamat Bitcoin kini berada di zona hijau dengan harga Bitcoin berada di angka $34.000 yang setara dengan Rp540 juta (kurs $1 = Rp15.900). Simak berita lengkapnya berikut ini!

Rekor Baru Alamat Bitcoin Menguntungkan

alamat profit btc
Alamat Bitcoin dalam grafik keuntungan. Sumber: Glassnode

Menurut data dari firma analitik on-chain Glassnode, jumlah alamat Bitcoin yang menghasilkan keuntungan per 30 Oktober mencapai 39,1 juta. Ini merupakan jumlah tertinggi yang pernah tercatat dalam sejarah Bitcoin, melampaui puncak sebelumnya sebanyak 38,1 juta yang tercatat pada November 2021.

Pada saat itu, BTC/USD diperdagangkan di level tertinggi sepanjang masa, sehingga 100% alamat dengan saldo non-nol berada di zona keuntungan. Meski harga spot saat ini masih 50% lebih rendah dari level tersebut, jumlah alamat dengan saldo non-nol kini mencapai 48,3 juta.

Baca Juga: Langkah Cerdas Valkyrie Funds dalam Meningkatkan Peluang Persetujuan ETF Bitcoin!

Kenaikan Signifikan dalam Dua Bulan Terakhir

Dalam persentase, alamat yang menguntungkan belum mencapai performa puncaknya dalam angka absolut, namun sudah mencapai level tertinggi dalam 18 bulan terakhir, yaitu 81,1%. Jumlah ini meningkat dari 60% menjadi 80% dalam dua bulan terakhir, menurut data tambahan dari Glassnode.

Sebagai kontras, alamat yang merugi saat ini berjumlah sedikit lebih dari 9 juta. Pada puncaknya pada Desember 2022, setelah melelehnya FTX, totalnya mencapai lebih dari 20 juta.

Baca Juga: ETF Bitcoin: Bakal Ada Berita Besar dari SEC pada 2 November 2023?

Pemegang Jangka Panjang Lihat Pengambilan Keuntungan “Minimal”

lth dan sth bitcoin
Grafik komposit arus masuk bursa Bitcoin. Sumber: James Van Straten/X

Seperti dilaporkan oleh Cointelegraph, pekan lalu aksi harga BTC berhasil melewati beberapa level resistensi sambil mengembalikan pemegang jangka panjang (LTH) dan jangka pendek (STH) ke zona keuntungan.

Hal ini memicu pengambilan keuntungan di ujung spekulatif spektrum hodler, terutama saat pasar melewati $34.000. James Van Straten, analis penelitian dan data di firma wawasan crypto CryptoSlate, menekankan perbedaan mentalitas antara kedua kelompok tersebut.

“Bitcoin telah menunjukkan kekuatan luar biasa di atas $34k selama lima hari terakhir sambil menyaksikan salah satu pengambilan keuntungan terkuat dalam dua tahun terakhir, dari STH,” katanya pada 29 Oktober.

Meski harga Bitcoin masih jauh dari puncaknya, fakta bahwa sebagian besar alamat Bitcoin saat ini menghasilkan keuntungan menunjukkan sentimen positif investor terhadap crypto ini. Hal ini menunjukkan bahwa Bitcoin masih memiliki daya tarik yang kuat bagi investor, meski volatilitas pasar yang terjadi baru-baru ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: