Digital Euro Terancam? Regulator Data Uni Eropa Minta Perlindungan Privasi Lebih Kuat!

author:

Digital Euro Terancam? Regulator Data Uni Eropa Minta Perlindungan Privasi Lebih Kuat!

Seiring dengan perkembangan mata uang digital di Eropa, regulator data Uni Eropa (EU) menyerukan perlindungan privasi yang lebih kuat dalam rancangan undang-undang untuk mendukung digital euro. Apa yang mendorong kekhawatiran ini dan bagaimana dampaknya bagi masa depan mata uang digital di Eropa?

Digital Euro dan Tantangan Perlindungan Data

uni eropa adopsi dac8

European Data Protection Board (EDPB) dan European Data Protection Supervisor (EDPS) mengeluarkan pendapat bersama mengenai regulasi “digital euro” yang diajukan oleh Komisi Eropa pada Juli 2023.

Baca juga: Bank Aktia dan Bank of Finland Siapkan Pembayaran Instan dengan Digital Euro!

Kedua badan regulator ini menyarankan klarifikasi lebih lanjut mengenai prosedur verifikasi untuk jumlah maksimum digital euro yang dipegang oleh setiap akun individu.

Mereka menekankan pentingnya mengadopsi langkah teknis untuk penyimpanan terdesentralisasi dari identifikasi ini, sebagai alternatif dari titik akses tunggal yang saat ini diusulkan.

Privasi dan Transaksi Digital Euro

Euro Digital Masih Dalam Tahap Penelitian
Sumber: Samosir News

EDPB dan EDPS merekomendasikan pengenalan ‘ambang privasi’ untuk transaksi online, di mana transaksi bernilai rendah, baik offline maupun online, tidak dilacak untuk tujuan anti-pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme.

Meskipun demikian, kedua badan ini tidak menentukan jumlah spesifik untuk batas transaksi tersebut, hanya merujuk pada batas transaksi untuk “transaksi harian bernilai rendah”.

Mereka juga menyoroti kebutuhan untuk mengklarifikasi tanggung jawab perlindungan data dari ECB dan penyedia layanan pembayaran dalam konteks digital euro.

Baca juga: Proyek Euro Digital ECB Melaju ke Tahap Berikutnya!

Masa Depan Digital Euro

Dengan adanya rekomendasi dari EDPB dan EDPS, diharapkan digital euro dapat memberikan jaminan privasi yang lebih tinggi bagi penggunanya.

EDPB dan EDPS akan terus memantau dan memberikan panduan mengenai perkembangan regulasi ini sesuai dengan tanggung jawab masing-masing.

Dengan perlindungan data yang lebih kuat, diharapkan kepercayaan masyarakat terhadap mata uang digital ini akan meningkat.

Sebagai mata uang digital yang diharapkan akan memainkan peran penting di masa depan Eropa, digital euro harus memastikan perlindungan data dan privasi penggunanya. Dengan pendekatan yang tepat, digital euro dapat menjadi solusi pembayaran masa depan yang aman dan efisien.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: