Crypto Makin Aman? Konsultasi MICA oleh Uni Eropa Akan Mulai Bulan Juli 2023!

Crypto Makin Aman? Konsultasi MICA oleh Uni Eropa Akan Mulai Bulan Juli 2023!

Regulator Uni Eropa telah mengumumkan bahwa mereka akan memulai konsultasi MICA (Markets in Crypto-Assets) pada bulan Juli mendatang. Langkah ini adalah bagian dari upaya berkelanjutan Uni Eropa untuk mengatur pasar crypto dengan lebih efektif dan memastikan bahwa investor dilindungi. Mari kita dalami lebih dalam rencana ini!

MICA: Langkah Penting Untuk Regulasi Crypto yang Lebih Baik

regulasi uni eropa mica
Sumber: Akun Twitter ESMA

Dilansir dari Cointelegraph, MICA adalah proposal yang diajukan oleh Uni Eropa untuk mengatur pasar aset crypto. Tujuan dari proposal ini adalah untuk melindungi investor dan memastikan bahwa pasar crypto beroperasi dengan transparansi dan integritas.

Melalui konsultasi MICA, regulator Uni Eropa berharap untuk mendapatkan masukan dari berbagai pemangku kepentingan, termasuk perusahaan fintech, bank, dan pengguna aset crypto. Masukan ini akan membantu membentuk aturan dan regulasi baru untuk pasar crypto.

Baca Juga: Sah! Uni Eropa Resmi Menandatangani Regulasi Baru untuk Crypto

Konsultasi MICA: Upaya Meningkatkan Transparansi Pasar Crypto

konsultasi mica uni eropa
Sumber: Akun Twitter ESMA

Konsultasi MICA adalah bagian penting dari upaya Uni Eropa untuk meningkatkan transparansi di pasar crypto. Dengan mendapatkan masukan dari berbagai pemangku kepentingan, regulator dapat memastikan bahwa aturan baru mencerminkan kebutuhan dan realitas pasar crypto saat ini.

Selain itu, konsultasi ini juga dapat membantu mendorong adopsi crypto yang lebih luas. Dengan aturan yang lebih jelas dan adil, lebih banyak perusahaan dan investor mungkin akan merasa nyaman untuk memasuki pasar crypto.

Baca Juga: Resmi! Menteri Keuangan Uni Eropa Menyetujui Regulasi Crypto MiCA

Langkah Selanjutnya: Apa yang Diharapkan dari Konsultasi MICA

Setelah konsultasi MICA diluncurkan pada bulan Juli, akan ada periode waktu tertentu di mana pemangku kepentingan dapat memberikan masukan mereka. Setelah periode ini berakhir, regulator akan mengevaluasi masukan dan mulai merumuskan aturan baru.

Proses ini mungkin akan memakan waktu beberapa bulan, tetapi hasilnya diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi pasar crypto. Dengan aturan yang lebih jelas dan adil, pasar kripto dapat menjadi lebih stabil dan aman bagi investor.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: