Regulator Pasar Prancis Dukung Aturan Global Terkait DeFi, Lampu Hijau untuk Crypto?

author:

Regulator Pasar Prancis Dukung Aturan Global Terkait DeFi, Lampu Hijau untuk Crypto?

Regulator pasar utama Prancis, Autorité des Marchés Financiers (AMF), telah menyatakan dukungannya terhadap aturan global yang dikoordinasikan untuk keuangan desentralisasi (DeFi).

Dalam sebuah makalah diskusi yang baru-baru ini dipublikasikan, AMF telah merangkum pemikiran awal mereka tentang tantangan regulasi yang muncul dari protokol desentralisasi dan “tanpa perantara” yang membentuk ekosistem DeFi.

Definisi dan Tantangan DeFi

regulator prancis dukung regulasi defi
Coindesk

DeFi, atau keuangan desentralisasi, merupakan konsep yang revolusioner dalam dunia keuangan. Dalam makalah diskusi yang dirilis, AMF mencoba mendefinisikan DeFi sebagai sistem keuangan yang beroperasi tanpa perantara seperti bank atau pialang.

Selain itu, AMF juga mencoba mendefinisikan sistem tata kelola desentralisasi yang dikenal sebagai DAOs, atau Organisasi Otonom Desentralisasi. DAOs adalah organisasi yang berjalan berdasarkan aturan yang ditulis dalam kode komputer atau “smart contract”. Ini berarti bahwa DAOs beroperasi secara otomatis, tanpa perlu intervensi manusia.

Baca juga: Gubernur Bank of France Desak MICA 2, Regulasi Khusus Konglomerat Crypto?

Namun, meskipun potensinya yang besar, DeFi juga membawa sejumlah tantangan. Salah satu tantangan utama adalah risiko yang terkait dengan penggunaan teknologi baru ini. Misalnya, karena transaksi DeFi dilakukan secara otomatis oleh smart contract, jika ada kesalahan dalam kode tersebut, ini bisa menyebabkan kerugian finansial yang signifikan.

Selain itu, karena sifatnya yang desentralisasi dan tanpa perantara, DeFi juga dapat menjadi target bagi aktivitas ilegal seperti pencucian uang. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki kerangka regulasi yang kuat untuk mengatasi tantangan ini.

Dukungan AMF untuk Inisiatif Global

Selanjutnya, AMF menunjukkan dukungan penuh untuk inisiatif global dalam mengatur sektor DeFi. Organisasi penentu standar global seperti Financial Stability Board (FSB) juga sedang berusaha menetapkan standar untuk sektor DeFi, dengan kelompok kerja regulator sekuritas internasional IOSCO berencana untuk menerbitkan rekomendasi pada akhir tahun ini.

“Karena sifat lintas batas dan jangkauan aktivitas DeFi, AMF juga mendukung pengembangan pendekatan terkoordinasi global terhadap regulasi untuk memastikan tingkat permainan global, yang seharusnya bertujuan untuk melindungi investor dan mendorong inovasi.”

AMF juga berencana untuk meningkatkan keterlibatannya dengan pemangku kepentingan, baik publik maupun swasta, dengan tujuan memungkinkan munculnya kerangka kerja regulasi yang seimbang yang akan mendukung perkembangan DeFi yang sehat dalam jangka panjang.

Tantangan dalam Mengawasi Protokol DeFi

Berbeda dengan bursa crypto terpusat yang semakin diatur oleh yurisdiksi, protokol DeFi menjadi tantangan untuk diawasi karena tampaknya tidak ada entitas spesifik yang dapat ditargetkan untuk kepatuhan. AMF telah mengundang pemangku kepentingan industri untuk berkontribusi pada poin diskusi yang diusulkan hingga 30 September.

Menurut AMF, “legislasi DeFi harus dipikirkan secara progresif dan proporsional.” Dengan kata lain, undang-undang harus mempertimbangkan potensi manfaat DeFi dengan risiko yang ditimbulkannya bagi pengguna.

Baca juga: Federasi Rusia Beberkan Rencana Legalisasi Penambangan Crypto pada tahun 2024

Regulator menambahkan bahwa tahun-tahun mendatang akan menjadi tahun yang krusial dan sangat menantang bagi sektor DeFi. Di satu sisi, sektor ini harus menemukan sarana pertumbuhan yang transparan dan aman yang mendorong inovasi. Di sisi lain, ruang tersebut harus memberikan “tingkat perlindungan investor yang memadai,” kata AMF.

Dengan dukungan dari AMF, langkah menuju regulasi global DeFi semakin dekat. Meski demikian, tantangan dalam mengatur dan mengawasi sektor ini tetap ada. Namun, dengan diskusi dan kolaborasi yang terus berlanjut, harapan untuk mencapai kerangka kerja regulasi yang seimbang dan adil semakin besar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: