Regulator Sekuritas Kanada Bagikan Pedoman Aset Crypto, Seperti Apa?

author:

Regulator Sekuritas Kanada Bagikan Pedoman Aset Crypto, Seperti Apa?

Regulator Sekuritas Kanada (CSA) telah merilis panduan baru untuk dana investasi yang memegang atau berusaha berinvestasi dalam aset crypto. Dalam panduan ini, CSA mengakui keuntungan dari Bitcoin dan kripto lainnya dan secara bertahap melonggarkan batasan untuk berinvestasi dalam aset kripto. Ini merupakan langkah penting dalam mendorong adopsi dan integrasi aset kripto dalam sistem keuangan tradisional.

Panduan Baru untuk Investasi Aset Crypto

crypto dan blockchain di kanada
Bitcoin News

CSA, sebagai regulator sekuritas utama di Kanada, telah merilis panduan yang merinci persyaratan regulasi sekuritas yang ada untuk dana investasi yang memegang atau berusaha berinvestasi dalam aset crypto.

Panduan ini dirancang untuk membantu manajer dana memahami dan mematuhi hukum dan regulasi yang berlaku. Ini mencakup berbagai aspek, termasuk persyaratan untuk manajer dana untuk menemukan pasar aktif untuk aset crypto, keberadaan pasar berjangka yang diatur untuk aset crypto tersebut, dan indeks yang tersedia oleh penyedia indeks yang diatur untuk aset crypto.

Baca juga: Survei: 59% Warga Kanada Bersedia Mengadopsi CBDC, Bagaimana dengan Sisanya?

Selain itu, CSA juga menyebutkan pendiriannya dan harapannya tentang staking crypto dan custodian crypto. Staking, yang merupakan proses di mana pemegang crypto berpartisipasi dalam validasi transaksi dalam jaringan proof-of-stake (PoS), diizinkan oleh CSA. Namun, mereka mengingatkan bahwa manajer dana harus tetap waspada terhadap risiko yang terkait dengan staking, termasuk kemungkinan aset crypto yang likuid menjadi tidak likuid selama proses staking.

Tidak hanya itu, panduan ini juga membahas tentang investasi dalam aset crypto selain Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH). CSA mengakui bahwa ada banyak aset crypto lainnya yang dapat menawarkan peluang investasi yang menarik.

Namun, mereka menekankan bahwa manajer dana harus melakukan due diligence yang tepat sebelum berinvestasi dalam aset crypto ini. Mereka harus memastikan bahwa aset tersebut memiliki volume perdagangan yang substansial dan bahwa ada indeks yang tersedia oleh penyedia indeks yang diatur untuk aset tersebut.

Staking dan Pinjaman Crypto dalam Dana Investasi

CSA mengkonfirmasi bahwa staking masih diizinkan, sementara peluang pinjaman terbatas dan proporsi aset “tidak likuid” dibatasi. CSA mengharapkan manajer dana untuk menentukan apakah aset crypto yang mereka rencanakan untuk investasi adalah sekuritas atau derivatif. CSA juga mengingatkan manajer investasi bahwa mereka dilarang meminjamkan aset yang bukan sekuritas.

Dokumen tersebut juga menjelaskan “ekspektasi minimum” untuk custodian aset crypto. Di antaranya adalah penyimpanan utama dalam dompet dingin, pemisahan aset, visibilitas di blockchain, asuransi untuk kejahatan korporasi, dan menyediakan laporan kepada auditor dana.

Baca juga: 34% Warganya Percaya Crypto, Parlemen Kanada Dukung Pertumbuhan Crypto dan Blockchain

Dampak Panduan Baru pada Pasar Crypto Kanada

Panduan baru yang diluncurkan ini mungkin memiliki dampak signifikan pada pasar crypto Kanada. Dengan adanya panduan ini, dana investasi akan memiliki lebih banyak kejelasan tentang bagaimana mereka dapat berinvestasi dalam aset kripto dan mematuhi hukum yang ada.

Panduan ini juga dapat mendorong lebih banyak dana investasi untuk memasuki pasar crypto, yang pada gilirannya dapat meningkatkan adopsi dan integrasi aset crypto dalam sistem keuangan tradisional.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: