Kanada Rilis Aturan Baru untuk Modal Bank dalam Penyimpanan Crypto!

Kanada Rilis Aturan Baru untuk Modal Bank dalam Penyimpanan Crypto!

Regulator keuangan Kanada baru-baru ini mengusulkan perubahan dalam pendekatan modal dan likuiditas mereka terhadap aset crypto. Office of the Superintendent of Financial Institutions (OSFI) merilis dua draf pedoman yang akan dibuka untuk konsultasi publik hingga 20 September. 2023. Pedoman ini diharapkan akan berlaku pada awal 2025. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Perubahan Pendekatan Modal dan Likuiditas terhadap Aset Crypto

regulasi baru kanada
Sumber: Akun Twitter OSFI Canada

Dilansir dari Cointelegraph, OSFI mengusulkan perubahan dalam pendekatan modal dan likuiditas mereka terhadap aset crypto, mengutip lingkungan yang berisiko dan sebagai respons terhadap standar perbankan internasional.

Pedoman yang diusulkan ini ditujukan untuk lembaga penyetor federal yang diatur, termasuk bank dan koperasi kredit, serta asuransi, tentang perlakuan modal regulasi terhadap eksposur aset crypto.

Baca Juga: 34% Warganya Percaya Crypto, Parlemen Kanada Dukung Pertumbuhan Crypto dan Blockchain

Pedoman Baru Menggantikan Pedoman Sementara

Pedoman baru ini akan menggantikan pedoman sementara tentang perlakuan regulasi terhadap eksposur aset crypto, yang diterbitkan pada Agustus 2022.

Regulator ini pada bulan Juni meningkatkan jumlah modal yang harus ditahan oleh pemberi pinjaman terbesar di negara itu sebagai buffer stabilitas sebesar 50 basis poin menjadi 3,5%, mengutip peningkatan biaya pinjaman, tingkat utang yang tinggi, dan tekanan pada sistem keuangan.

Baca Juga: Ripple dan Universitas Terbesar di Kanada Luncurkan Validator XRP, Seperti Apa?

Pilihan Bank dalam Menangani Aset Crypto

bank kanada yang menangani aset crypto
Sumber: Modern Consensus

Rencana yang diusulkan memberikan bank pilihan antara formula yang lebih komprehensif yang membedakan antara crypto berdasarkan risiko yang dirasakan, atau opsi yang lebih sederhana tetapi kurang membedakan.

Pada Desember, pembuat standar internasional mengusulkan untuk memperlakukan crypto yang tidak didukung sebagai jenis aset paling berisiko bagi bank untuk dipegang, dengan pemberi pinjaman dibatasi seberapa banyak Bitcoin atau Ethereum yang mereka bisa pegang.

Regulator Kanada telah merilis aturan baru yang berpotensi menentukan sejauh mana sistem keuangan tradisional akan beradaptasi dengan inovasi blockchain. Meskipun aturan ini masih dalam tahap konsultasi publik, mereka menunjukkan langkah penting dalam mengatur bagaimana bank dan asuransi harus menangani eksposur aset crypto mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: