Dubai Ambil Sikap Tegas! Ini Dia Tanggapan Pemerintah Dubai Terhadap Regulasi Crypto

Dubai Ambil Sikap Tegas! Ini Dia Tanggapan Pemerintah Dubai Terhadap Regulasi Crypto

Exchange crypto Bitoasis mendapatkan izinnya dinilai “tidak beroperasi” oleh regulator aset digital Dubai, Virtual Assets Regulatory Authority (VARA).

Menurut regulator tersebut, VARA mengambil langkah tegas setelah Bitoasis gagal memenuhi “kondisi yang ditentukan dalam jangka waktu yang ditetapkan.”

‘Tindakan Perbaikan’ yang Ditentukan oleh VARA

Pada tanggal 9 Juli 2023, regulator aset digital Dubai, Virtual Assets Regulatory Authority (VARA), mengumumkan bahwa izin exchange crypto Bitoasis untuk investor institusional dan ritel yang berkualitas telah dianggap “tidak beroperasi.”

Regulator menyatakan izin tersebut akan tetap dalam status ini sampai Bitoasis sepenuhnya menangani keprihatinan regulator.

Dalam notifikasi pasar terbarunya, VARA menjelaskan alasan mengambil keputusan tersebut hanya beberapa bulan setelah mengeluarkan izin kepada exchange crypto.

Baca Juga: Gandeng Korea Selatan, Dubai Bakal Perluas Bisnis Web3 dan Metaverse!

“Bitoasis diberikan Lisensi MVP Bersyarat [Lisensi] pada 12 April 2023 yang akan memperbolehkan operasi pasar setelah entitas tersebut memenuhi kondisi kunci dalam jangka waktu 30-60 hari. Sebagai hasil dari Bitoasis tidak memenuhi kondisi yang ditentukan ini dalam jangka waktu yang ditentukan, VARA telah memulai tindakan regulatori yang dijamin terhadap entitas tersebut,” kata regulator.

Regulator juga menyatakan bahwa akan terus menilai “situasi untuk kepatuhan regulatori” serta pemenuhan exchange atas “tindakan perbaikan” yang dikenakan padanya.

Respon Bitoasis Terhadap Keputusan VARA

Sementara itu, dalam sebuah pernyataan yang berusaha meredakan kekhawatiran pengguna, Bitoasis mengatakan bahwa keputusan VARA tidak akan berdampak pada kemampuannya untuk terus menyediakan “layanan broker-dealer” kepada pengguna ritel yang ada.

Baca Juga: Ikut Balap Kuda di Metaverse Bisa Dapetin Rp460 Miliar? Ini Dia Dubai Verse Cup P2E Game!

Exchange juga menjelaskan bahwa belum memulai penyediaan layanan karena VARA belum memberinya izin untuk memulai operasi.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: