Permintaan Regulator Data EU: Transaksi Kecil dalam Euro Digital Harus Dijaga Kerahasiaannya!

Permintaan Regulator Data EU: Transaksi Kecil dalam Euro Digital Harus Dijaga Kerahasiaannya!

Pada 18 Oktober 2023, Dewan Perlindungan Data Eropa dan Pengawas Perlindungan Data Eropa merilis pernyataan bersama mengenai regulasi euro digital, yang telah diajukan oleh Komisi Eropa pada Juli 2023. Mereka menyarankan beberapa tindakan untuk meningkatkan standar perlindungan data pribadi dalam mata uang digital bank sentral Uni Eropa (CBDC). Simak berita lengkapnya berikut ini!

Verifikasi dan Akses Data

verifikasi dan akses data eropa
Sumber: ETF Stream

Otoritas menyarankan untuk memberikan penjelasan lebih lanjut tentang prosedur verifikasi yang diajukan untuk jumlah maksimum euro digital yang dapat dimiliki oleh akun individu. Dalam rancangan saat ini, Bank Sentral Eropa (ECB) dan bank sentral nasional memiliki hak untuk menetapkan satu titik akses ke data setiap pengguna.

Kedua otoritas tersebut menyarankan untuk melakukan evaluasi untuk menentukan kebutuhan dan proporsionalitas dari satu titik akses tersebut. Mereka menekankan bahwa langkah teknis untuk penyimpanan terdesentralisasi dari pengidentifikasi ini adalah hal yang dapat dilakukan.

Baca Juga: Heboh! EBA dan ESMA Rilis Pedoman Baru untuk Penyedia Layanan Aset Crypto!

Deteksi dan Pencegahan Penipuan

Regulator juga menunjukkan kekurangan prediksi dalam mekanisme deteksi dan pencegahan penipuan yang diajukan untuk CBDC. Mereka menyarankan untuk mempertimbangkan “langkah-langkah yang kurang mengganggu” dari perspektif perlindungan data.

Otoritas juga “sangat menyarankan” untuk menetapkan “batas privasi” untuk transaksi online, di bawah mana transaksi bernilai rendah offline dan online tidak menjadi subjek pelacakan untuk Anti-Pencucian Uang dan pemberantasan pendanaan terorisme.

Namun, mereka tidak menentukan jumlah spesifik, hanya merujuk pada batas transaksi, yang mencakup “transaksi harian bernilai rendah.”

Baca Juga: Proyek Euro Digital ECB Melaju ke Tahap Berikutnya!

Proyek Euro Digital

euro digital ecb
Sumber: Central Banking

Minggu ini, dewan pengatur ECB mengumumkan “fase persiapan” untuk proyek Euro digital setelah penyelidikan selama dua tahun. Fase persiapan ini akan berlangsung selama dua tahun dan berfokus pada penyelesaian aturan untuk mata uang digital dan pemilihan penerbit yang mungkin.

Dengan adanya rekomendasi ini, diharapkan privasi dan perlindungan data pengguna mata uang digital dapat terjaga. Meski demikian, masih perlu ada diskusi lebih lanjut mengenai implementasi dan dampak dari rekomendasi ini, terutama bagi kamu yang merupakan pengguna mata uang digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: