Stablecoin Harus Diatur, Kata Pejabat Federal Reserve!

Array

Stablecoin Harus Diatur, Kata Pejabat Federal Reserve!

Stablecoin, mata uang digital yang nilainya dipegang pada mata uang pemerintah, harus diatur, demikian kata pejabat tinggi Federal Reserve, Michael Barr.

Menurut Barr, stablecoin “meminjam kepercayaan dari bank sentral” dan oleh karena itu, Federal Reserve memiliki kepentingan kuat untuk memastikan bahwa penawaran stablecoin beroperasi dalam kerangka pengawasan prudensial federal yang tepat.

Stablecoin dan Regulasi Crypto

penelitian stablecoin s&p global
Sumber: PYMNTS

Barr menekankan bahwa stablecoin tidak boleh mengancam stabilitas keuangan atau integritas sistem pembayaran. Bank sentral telah meningkatkan fokusnya pada stablecoin dan pada bulan Agustus mengumumkan langkah-langkah baru untuk memperkuat pengawasan bank yang terlibat dalam aktivitas stablecoin.

Barr mengungkapkan kekhawatirannya yang mendalam tentang penerbitan stablecoin tanpa pengawasan federal yang kuat. Di sisi lain, di Kongres, para pembuat undang-undang telah berdebat tentang bagaimana stablecoin harus diatur dalam upaya untuk menciptakan kerangka kerja federal.

Baca Juga: Terjadi Penurunan Aktivitas Stablecoin di Amerika Serikat, Apa yang Terjadi?

Komite Layanan Keuangan Rumah telah membuat beberapa kemajuan ketika mereka mendorong sebuah rancangan undang-undang stablecoin, meskipun pada saat itu Rep.

Maxine Waters, D-Calif, mengkritik rancangan undang-undang tersebut karena adanya ketentuan yang akan memungkinkan regulator negara bagian untuk menyetujui penerbitan stablecoin tanpa masukan dari Federal Reserve.

Penelitian CBDC Berlanjut

Bank sentral terus melakukan penelitian tentang mata uang digital bank sentral (CBDC), namun Barr menekankan bahwa Federal Reserve hanya akan melanjutkan dengan “dukungan yang jelas dari cabang eksekutif dan undang-undang otorisasi dari Kongres.”

Bank sentral menerbitkan laporan tahun lalu untuk memeriksa pro dan kontra dari potensi CBDC. Barr mengatakan belum ada keputusan yang dibuat tentang apakah bank sentral akan menerbitkan CBDC.

Paragraf Penutup

Dalam dunia yang semakin digital, regulasi crypto terhadap mata uang digital seperti stablecoin dan CBDC menjadi semakin penting. Dengan adanya regulasi yang tepat, stabilitas keuangan dan integritas sistem pembayaran dapat terjaga, sekaligus memberikan ruang bagi inovasi dan perkembangan teknologi keuangan.

Baca Juga: Kerjakan Regulasi Stablecoin Baru, Hong Kong Tolak Stablecoin Satu Ini

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Array