Stablecoin Harus Teregulasi? Ini Kata Pejabat Federal Reserve!

Stablecoin Harus Teregulasi? Ini Kata Pejabat Federal Reserve!

Stablecoin, mata uang digital yang nilainya diikat pada mata uang pemerintah, perlu diatur, demikian kata Michael Barr, pejabat tinggi Federal Reserve. Menurutnya, stablecoin “meminjam kepercayaan dari bank sentral” dan oleh karena itu, perlu ada kerangka pengawasan federal yang tepat untuk memastikan stabilitas keuangan dan integritas sistem pembayaran. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Regulasi Stablecoin

michael barr the fed
Michael Barr. Sumber: Bloomberg

Michael Barr, dalam pidatonya di konferensi di Washington D.C., menekankan bahwa Federal Reserve memiliki kepentingan kuat untuk memastikan bahwa setiap penawaran stablecoin beroperasi dalam kerangka pengawasan prudensial federal yang tepat.

Bank sentral telah meningkatkan fokusnya pada stablecoin dan pada bulan Agustus mengumumkan langkah-langkah baru untuk memperkuat pengawasan bank yang terlibat dalam aktivitas stablecoin. Barr mengungkapkan kekhawatirannya tentang penerbitan stablecoin tanpa pengawasan federal yang kuat.

Baca Juga: Hong Kong Siapkan Regulasi Stablecoin pada Pertengahan 2024, Bakal Seperti Apa?

Penelitian CBDCs

Bank sentral terus melakukan penelitian tentang mata uang digital bank sentral (CBDCs), namun Barr menekankan bahwa Federal Reserve hanya akan melanjutkan dengan “dukungan yang jelas dari cabang eksekutif dan otorisasi legislatif dari Kongres.”

Bank sentral menerbitkan laporan tahun lalu untuk memeriksa pro dan kontra potensi CBDC. Barr mengatakan belum ada keputusan tentang apakah bank sentral akan menerbitkan CBDC.

Inovasi dalam teknologi pembayaran terus berkembang, termasuk eksperimen dengan stablecoin dan CBDCs. Namun, penting untuk memastikan bahwa inovasi ini tidak mengancam stabilitas keuangan atau integritas sistem pembayaran. Oleh karena itu, regulasi yang tepat sangat penting untuk memastikan bahwa teknologi baru ini dapat beroperasi dengan aman dan efisien.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: