Spanyol Memperbarui Regulasi Pajak Crypto, Seperti Apa?

author:

Spanyol Memperbarui Regulasi Pajak Crypto, Seperti Apa?

Warga Spanyol kini dihadapkan pada regulasi baru yang mengharuskan mereka untuk melaporkan kepemilikan aset crypto di platform luar negeri. Aturan ini berlaku bagi investor yang memiliki saldo melebihi €50.000, atau sekitar $55.000, dan harus dilaporkan paling lambat 31 Maret 2024.

Regulasi Baru Pajak Crypto Spanyol

Agencia Tributaria, otoritas pajak Spanyol, telah mengeluarkan formulir 721 yang menjadi syarat wajib bagi warga negara yang memiliki aset crypto di platform asing. Formulir ini harus diisi oleh mereka yang saldo crypto-nya melebihi €50.000 pada akhir tahun 2023.

Baca juga: Regulasi Crypto AS Makin Ketat, Bagaimana Dampaknya bagi Kamu?

Periode pengajuan formulir ini dimulai pada 1 Januari 2024 dan berakhir pada 31 Maret 2024. Investor harus melaporkan jumlah dana crypto yang disimpan di akun luar negeri per tanggal 31 Desember 2023. Langkah ini merupakan bagian dari upaya Spanyol untuk meningkatkan pengawasan dan pengenaan pajak atas aset crypto.

Penegakan Pajak atas Aset Crypto

China Mulai Menarik Pajak Crypto Sebesar 20%

Pada April 2023, Agencia Tributaria mengirimkan 328.000 peringatan kepada warga yang belum membayar pajak atas aset crypto mereka untuk tahun fiskal 2022. Ini menunjukkan peningkatan signifikan dibandingkan tahun sebelumnya, yang hanya mengirimkan 150.000 peringatan.

Peningkatan ini mencerminkan keseriusan Spanyol dalam menegakkan kewajiban pajak di sektor crypto. Bagi kamu yang menggunakan dompet crypto mandiri, laporan harus disampaikan melalui formulir pajak kekayaan standar 714. Ini menandakan upaya Spanyol untuk mengatur berbagai metode penyimpanan aset crypto.

Baca juga: Spanyol: Meski Digital Euro Tidak Terlalu Mendesak, Pekerjaan Harus Terus Berlanjut!

Proaktif dalam Regulasi Crypto

Spanyol menunjukkan komitmennya dalam mengatur pasar crypto dengan rencana penerapan kerangka kerja Uni Eropa, Markets in Crypto-Assets Regulation (MiCA). Regulasi ini dijadwalkan akan diberlakukan secara nasional pada Desember 2025, enam bulan sebelum tenggat waktu resmi. Langkah ini menegaskan posisi Spanyol sebagai negara yang proaktif dalam regulasi crypto.

Komisi Pasar Sekuritas Nasional Spanyol juga telah membuka kasus pertama terhadap penyedia teknologi yang melanggar aturan promosi crypto, menandai era baru pengawasan yang ketat.

Dengan regulasi baru ini, Spanyol berusaha keras untuk memastikan transparansi dan kepatuhan pajak di sektor crypto. Bagi investor yang terdampak, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mempersiapkan diri dan memastikan semua aset crypto dilaporkan sesuai aturan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: