Pemerintah Inggris Siap Berlakukan Regulasi Kripto dan Stablecoin Baru di 2024!

author:

Pemerintah Inggris Siap Berlakukan Regulasi Kripto dan Stablecoin Baru di 2024!

Jakarta, Pintu News – Pemerintah Inggris berencana untuk memperkenalkan undang-undang baru untuk mata uang kripto dan stablecoin pada bulan Juni atau Juli 2024.

Menteri Ekonomi, Bim Afolami, mengatakan bahwa pemerintah sedang bekerja cepat untuk menyampaikan undang-undang yang akan mengatur mata uang kripto di negara tersebut.

Cakupan Regulasi Kripto Baru Inggris

Sebelumnya, Inggris telah mengesahkan Undang-Undang Layanan Keuangan dan Pasar pada bulan Juni 2023. Undang-undang ini memungkinkan mata uang kripto untuk diperlakukan sebagai aktivitas keuangan yang diatur.

Baca juga: Regulasi Baru Norwegia Menyasar Pusat Data, Pengaruh Besar bagi Penambang Bitcoin

Menteri Ekonomi, Bim Afolami, mengatakan bahwa undang-undang baru yang akan diperkenalkan akan mengatur berbagai aktivitas aset kripto, termasuk operasi bursa, penyimpanan aset pelanggan, dan lainnya.

Kini, regulasi kripto baru di Inggris akan mencakup berbagai aktivitas aset kripto, termasuk operasi bursa, layanan kustodian, dan aktivitas terkait lainnya.

Financial Conduct Authority (FCA) akan segera berkonsultasi tentang rezim otorisasi untuk perusahaan kripto, dan pemerintah juga berencana untuk merumuskan langkah-langkah kesetaraan untuk perusahaan luar negeri.

Pemerintah Inggris telah mengambil pendekatan bertahap untuk memperkenalkan regulasi kripto, dengan undang-undang untuk stablecoin yang didukung fiat menjadi prioritas pertama.

Area lain, seperti stablecoin algoritmik, akan menyusul saat pemerintah membawa aktivitas seperti pinjaman dan perdagangan ke dalam regulasi keuangan konvensional.

Tantangan Industri Kripto di Inggris

Meskipun pemerintah berupaya menciptakan lingkungan yang ramah terhadap kripto, industri kripto di Inggris menghadapi beberapa tantangan.

Perusahaan kripto mengeluhkan penundaan dan umpan balik yang buruk dari FCA, dan aturan yang baru-baru ini diperkenalkan yang membatasi promosi kripto telah menyebabkan beberapa perusahaan terkenal menghentikan layanan di Inggris sama sekali.

Menurut data dari Februari 2024, pengawas pasar mengeluarkan lebih dari 450 peringatan tentang iklan kripto ilegal hanya dalam tiga bulan.

Baca juga: Pemerintah Inggris Berencana Sahkan Undang-Undang Stablecoin dan Staking dalam 6 Bulan!

Regulasi Kripto di Negara Lain

Di Eropa, Polandia juga bersiap untuk mengatur mata uang kripto akhir tahun ini. Di bawah undang-undang baru, otoritas pengawas keuangan setempat, KNF, akan diizinkan untuk memblokir mata uang kripto perusahaan dan pengguna selama 96 jam jika ada dugaan perdagangan yang tidak diatur.

Secara keseluruhan, pemerintah Inggris bertekad untuk menjadikan negara itu sebagai pusat kripto global. Regulasi kripto baru yang akan diperkenalkan diharapkan dapat memberikan kepastian hukum bagi pelaku industri dan melindungi investor.

Namun, tantangan yang dihadapi industri kripto di Inggris, seperti penundaan dan umpan balik yang buruk dari FCA, perlu segera diatasi agar Inggris dapat bersaing dengan negara-negara lain dalam menarik investasi di sektor kripto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: Yahoo Finance