Regulasi Crypto Jadi Pembahasan Utama Para Menteri Keuangan G-7

author:

Regulasi Crypto Jadi Pembahasan Utama Para Menteri Keuangan G-7

Negara-negara G-7 berkomitmen untuk mempercepat implementasi aturan perjalanan global untuk aset crypto dan memperketat pedoman untuk aset digital, menunjukkan kerja sama global yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam menghadapi tantangan dan peluang yang dibawa oleh teknologi blockchain.

G-7 Lakukan Diskusi yang Mendalam Terkait Regulasi Crypto

Perkembangan Regulasi Crypto di Berbagai Negara
Ledger Insights

Dilansir dari Coindesk (15/5/23), para Menteri Keuangan G-7 baru-baru ini berdiskusi mengenai regulasi crypto menjelang pertemuan puncak di Jepang minggu depan.

Pertemuan Menteri Keuangan G-7 yang berlangsung pada tanggal 15 Mei 2023 menjadi ajang diskusi mengenai regulasi crypto. Negara-negara ini, yang termasuk Amerika Serikat, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Inggris, mengakui pentingnya kerja sama internasional dalam mengatur ruang crypto yang semakin berkembang dan kompleks.

Pada pertemuan ini, negara-negara G-7 menekankan pentingnya memperkuat regulasi terhadap aset crypto. Menurut laporan, hal ini dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan aset digital untuk tujuan ilegal, seperti pencucian uang dan pendanaan terorisme, sekaligus memastikan perlindungan konsumen dan stabilitas sistem keuangan global.

Negara-negara G-7 juga membahas tentang pentingnya mempercepat implementasi aturan perjalanan global, yang menuntut pertukaran crypto untuk mengumpulkan dan membagikan informasi tentang pihak yang terlibat dalam transaksi.

Lebih lanjut, aturan ini diharapkan bisa memberikan transparansi lebih besar dan meningkatkan pengawasan terhadap transaksi crypto.

Baca juga: Regulasi MiCA: Pemicu Gelombang Baru Investasi Crypto di Uni Eropa!

Komitmen G-7 untuk Pedoman Aset Digital yang Lebih Ketat

Selain diskusi tentang aturan perjalanan, G-7 juga berkomitmen untuk memperketat pedoman untuk aset digital. Negara-negara ini berusaha untuk menciptakan lingkungan regulasi yang lebih konsisten dan efektif, yang memungkinkan inovasi di ruang crypto sambil memastikan bahwa risiko terkait diatur dengan baik.

Melalui komitmen ini, G-7 berharap dapat mempromosikan standar yang lebih tinggi untuk pertukaran crypto dan perusahaan lain di ruang crypto. Standar ini diharapkan dapat membantu mencegah penyalahgunaan aset digital dan memberikan perlindungan yang lebih baik untuk investor dan pengguna crypto.

Tidak hanya itu, G-7 juga mengakui bahwa untuk mencapai tujuan ini, kerja sama internasional sangat penting. Oleh karena itu, mereka berkomitmen untuk bekerja sama dengan negara-negara lain dan organisasi internasional untuk mengembangkan dan menerapkan pedoman ini.

Pertemuan G-7 ini menandai langkah penting dalam kerja sama global dalam regulasi crypto. Dengan berbagai tantangan yang dibawa oleh teknologi blockchain dan aset digital, kerja sama internasional menjadi sangat penting. G-7 mengakui ini dan berkomitmen untuk bekerja sama dengan negara-negara lain dalam menghadapi tantangan ini.

Salah satu fokus utama dari kerja sama ini adalah implementasi aturan perjalanan global untuk aset crypto. Aturan ini, yang menuntut pertukaran crypto untuk mengumpulkan dan membagikan informasi tentang pihak yang terlibat dalam transaksi, adalah langkah penting dalam meningkatkan transparansi dan pengawasan terhadap transaksi crypto.

Pertemuan ini juga menunjukkan pentingnya kerja sama dalam pengembangan dan penerapan pedoman aset digital yang lebih ketat. Dengan bekerja sama, negara-negara G-7 dan negara-negara lain dapat menciptakan lingkungan regulasi yang lebih konsisten dan efektif, yang memungkinkan inovasi di ruang crypto sambil memastikan bahwa risiko terkait diatur dengan baik.

Melalui diskusi ini, G-7 telah menunjukkan komitmennya untuk mengambil langkah-langkah proaktif dalam menghadapi tantangan dan peluang yang dibawa oleh aset crypto.

Baca juga: Regulasinya Masih Abu-abu, Kazakhstan Raup Rp102 Miliar dari Pajak Penambangan Crypto

Hal ini menunjukkan pengakuan penting atas peran kripto dalam ekonomi global masa depan dan peran penting regulasi dalam membentuk perkembangan ini. Sementara dunia menunggu hasil pertemuan puncak G-7 di Jepang minggu depan, satu hal yang jelas adalah bahwa regulasi crypto akan menjadi topik utama yang akan dibahas.


Referensi: