Inggris Segera Hadirkan Regulasi Crypto yang Lebih Jelas pada Juli 2024

Inggris Segera Hadirkan Regulasi Crypto yang Lebih Jelas pada Juli 2024

Jakarta, Pintu News – Pemerintah Inggris, melalui Treasury, berencana menghadirkan kerangka kerja regulasi untuk aset crypto dan stablecoin pada bulan Juli. Tujuannya adalah untuk mendorong inovasi lokal dalam aset digital dan teknologi blockchain.

Kerangka ini diharapkan akan membantu Inggris tetap kompetitif di panggung global. Artikel ini akan membahas rencana ini lebih dalam, dari kerangka regulasi yang diusulkan hingga dampak potensialnya terhadap industri fintech dan crypto. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Perkembangan Regulasi Crypto di Inggris

Saat berbicara di Innovate Finance Global Summit (IFGS) 2024, Sekretaris Ekonomi Treasury, Bim Afolami, mengungkapkan bahwa kerangka regulasi ini adalah bagian dari usaha pemerintah untuk merevitalisasi lanskap pembayaran negara. Afolami menekankan bahwa pendekatan Inggris dalam regulasi crypto bertujuan untuk menemukan keseimbangan antara memungkinkan inovasi dan melindungi konsumen.

Selain fokus pada inovasi pembayaran fiat, pentingnya regulasi crypto ditekankan sebagai batu penjuru posisi Inggris sebagai pemimpin dunia dalam teknologi fintech. Ini menandai langkah maju yang signifikan dalam regulasi crypto di Inggris, yang selama ini dianggap kurang jelas dan konsisten.

Baca Juga: Perkembangan Regulasi Crypto di Tahun 2024: Prediksi dan Perspektif

Rencana Implementasi dan Potensi Dampak

Menurut Afolami, proposal final yang sedang dikerjakan akan mencakup pengaturan tentang stablecoin dan staking crypto, dengan rencana untuk diluncurkan pada Juni atau Juli. Ini akan menjadi pertama kalinya berbagai aktivitas aset crypto, termasuk operasional bursa dan pengambilan custodi aset pelanggan, masuk dalam perimeter regulator.

Inisiatif ini tidak hanya akan mengklarifikasi peran hukum dan operasional bagi pelaku industri crypto di Inggris, tetapi juga diharapkan akan meningkatkan kepercayaan investor dan pengguna dalam mengadopsi teknologi crypto dan blockchain.

Baca Juga: Pemerintah Inggris Siap Berlakukan Regulasi Kripto dan Stablecoin Baru di 2024!

Pembentukan Task Force Keuangan Terbuka

ruu crypto inggris
Sumber: PayBito

Selain itu, selama konferensi, Afolami mengumumkan pembentukan task force keuangan terbuka, yang akan merumuskan rekomendasi jelas dan menentukan insentif komersial yang diperlukan untuk mendorong pemanfaatan open finance dalam pembiayaan UKM. Langkah ini menunjukkan komitmen Inggris untuk tidak hanya memperkuat ekosistem crypto-nya, tetapi juga memanfaatkan teknologi keuangan terbuka untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih luas.

Kerangka kerja regulasi crypto yang baru di Inggris ini diharapkan akan memberikan kepastian hukum yang lebih baik bagi pelaku industri, mendorong inovasi, dan memastikan perlindungan konsumen. Dengan pendekatan yang seimbang, Inggris berupaya untuk mempertahankan posisinya sebagai pusat global untuk teknologi finansial dan inovasi blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: