Sudah Disahkan, Regulasi Crypto di Brasil Akan Ditinjau Lagi Oleh Pemerintah. Ada Apa?

Sudah Disahkan, Regulasi Crypto di Brasil Akan Ditinjau Lagi Oleh Pemerintah. Ada Apa?

Undang-undang cryptocurrency Brasil yang baru-baru ini disetujui kemungkinan akan ditinjau dan direvisi oleh pemerintah Luis Inacio “Lula” Da Silva yang baru saja dilantik. Mengapa hal tersebut terjadi?

Sebelumnya, pada akhir November 2022, negara yang memiliki 216 juta penduduk ini telah meloloskan RUU cryptocurrency-nya dan juga mengesahkan cryptocurrency sebagai alat pembayaran. Selain itu, sudah banyak bank di Brasil yang mulai bereksperimen untuk cryptocurrency.

Kira-kira mengapa undang-undang cryptocurrency di Brasil akan ditinjau dan direvisi? Simak berita lengkapnya!

Ada Beberapa Permasalahan yang Belum Selesai di UU Crypto Brasil

UU Crypto di Brasil
Sumber: Watcher Guru

Dilansir dari Bitcoin News, undang-undang cryptocurrency Brasil yang baru-baru ini disetujui kemungkinan akan ditinjau oleh kongres negara yang baru ditunjuk, menurut Expeditto Netto, mantan anggota Dewan Perwakilan Brasil.

Netto juga menjelaskan bahwa perubahan yang diusulkan dalam undang-undang tersebut masih belum pasti, karena proyek tersebut mungkin akan dibahas sekali lagi untuk meninjau beberapa masalah yang yang belum terselesaikan demi persetujuannya.

Pasalnya, ada satu masalah yang belum terselesaikan. Salah satunya adalah peraturan mengenai penyedia layanan aset virtual yang harus memisahkan dana pengguna dan dana mereka sendiri.

Pasalnya, masalah tersebut akhirnya ditinggalkan, karena para analis menjelaskan bahwa memaksakan hal ini pada perusahaan di sektor crypto akan dapat memengaruhi produk yang dapat mereka tawarkan karena kendala modal. Tidak hanya itu, ada juga permasalahan lain yang ditinggal seperti diskon pajak untuk green mining operation.

Baca Juga: Jadi Negara ‘Pro-Crypto’, Hong Kong Akan Terapkan Regulasi Crypto Mulai Juni 2023

Apa Manfaat Adanya UU Crypto Bagi Warga Brasil?

Manfaat UU Crypto di Brasil
Sumber: BeInCrypto

UU cryptocurrency memang membawa perubahan yang menurut analis akan dapat membantu pelanggan merasa lebih aman saat berinvestasi dalam aset cryptocurrency. Dalam hal ini, Bank Sentral Brasil menjadi organisasi yang bertanggung jawab untuk memantau dan mendaftarkan exchange dan lembaga kustodian di negara tersebut.

Selain itu, UU tersebut memberi ruang bagi Komisi Sekuritas Brasil (CVM) untuk campur tangan dalam penawaran portofolio yang berasal dari exchange, dan akan membatasi yang dianggap ilegal.

Dilansir dari Bitcoin News, UU ini juga bertujuan untuk secara langsung mengkriminalisasi penipuan cryptocurrency, yang mana menetapkan hukuman bagi orang-orang yang melakukan tindak kriminal di industri crypto.

Namun, para ahli telah menyatakan ketidakpuasan mereka dengan keadaan dimana UU tersebut disetujui, mengatakan bahwa meskipun ini memang awal yang baik, perlu ada peraturan tambahan untuk memperluas apa yang telah ditetapkan dalam UU.

Referensi: