Ketidakpastian Regulasi Crypto di AS: Apa Kata Hester Peirce dari SEC?

Ketidakpastian Regulasi Crypto di AS: Apa Kata Hester Peirce dari SEC?

Hester Peirce, salah satu dari 5 komisioner di Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) atau Securities and Exchange dan pendukung crypto, telah mendesak pembuat undang-undang dan regulator untuk memberikan kejelasan mengenai aset digital.

Dengan banyak kasus hukum yang melibatkan perusahaan crypto, bagaimana masa depan industri ini di AS?

Keterlambatan Regulasi Crypto di AS

Menurut Peirce, dia tidak mengharapkan SEC akan “sejauh ini tertinggal” dalam menemukan solusi untuk kerangka kerja regulasi crypto ketika dia bergabung dengan komisi pada tahun 2018.

Meskipun banyak negara seperti Swiss dan Singapura tampaknya lebih maju dalam regulasi crypto, situasi di AS tampaknya berbeda dan memerlukan pendekatan yang berbeda.

Baca Juga: Grayscale Desak SEC untuk Menyetujui Semua ETF Bitcoin Spot Sekaligus

Peirce menekankan bahwa meskipun ada banyak orang di SEC yang memiliki pengetahuan tentang crypto, belum ada banyak perubahan positif dalam regulasi.

Kritik Terhadap Pendekatan SEC

Kritik Terhadap Pendekatan SEC
Cointelegraph

Di bawah kepemimpinan Gary Gensler, SEC telah menerima banyak kritik dari pemimpin industri, regulator, dan pembuat undang-undang. SEC sering dituduh memiliki pendekatan “regulasi melalui penegakan” terhadap aset digital.

Saat ini, SEC terlibat dalam tindakan sipil terhadap perusahaan crypto seperti Coinbase, Binance, dan Ripple. Selain itu, SEC belum menyetujui permohonan ETF Bitcoin untuk dicantumkan di pasar AS.

Meskipun ada tantangan, ada juga harapan untuk perubahan. Grayscale Investments berhasil memenangkan banding terhadap penolakan SEC atas aplikasi Bitcoin ETF, yang mungkin akan mengarah pada ulasan lebih lanjut.

Harapan dan Saran dari Hester Peirce

Meskipun Peirce tidak dapat berkomentar tentang kasus hukum tertentu yang melibatkan SEC, dia mendesak institusi yang terlibat dalam industri crypto untuk berkomunikasi dengan komisi tentang cara maju.

Peirce memberikan harapan bahwa SEC mungkin memiliki “perubahan hati” mengenai kebijakan terkait crypto dan menekankan pentingnya kejelasan dalam regulasi crypto.

Baca Juga: Geram! Industri Crypto Menentang Rencana SEC untuk Mengatur DeFi seperti Bursa Sentralisasi

Dia juga menyarankan perusahaan untuk tidak menyerah pada AS dan terus berinovasi serta memberikan solusi konkret untuk mendapatkan kejelasan regulasi.

Paragraf Penutup

Ketidakpastian dalam regulasi crypto di AS telah menjadi perhatian bagi banyak pemangku kepentingan.

Namun, dengan dialog yang terbuka dan komunikasi yang konstruktif, ada harapan untuk masa depan yang lebih cerah bagi industri crypto di AS.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: