Regulasi Crypto Harus Bersifat Global? Ini Kata Menteri Keuangan India!

Regulasi Crypto Harus Bersifat Global? Ini Kata Menteri Keuangan India!

Para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20 telah sepakat bahwa regulasi crypto tidak dapat dibatasi pada satu bagian dunia saja. “Setiap tindakan terhadap aset crypto harus bersifat global,” tegas menteri keuangan India, seraya menambahkan bahwa diskusi para menteri keuangan G20 mengenai crypto sangat substantif. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Menkeu India: Regulasi Crypto Harus Bersifat Global

menkeu india g20 regulasi crypto
Sumber: The Hindu Business Line

Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman membahas tentang diskusi G20 mengenai regulasi crypto dalam sebuah konferensi pers setelah pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20, yang diadakan di sela-sela Pertemuan Musim Semi tahunan International Monetary Fund (IMF) dan Bank Dunia.

Sitharaman dan Gubernur Reserve Bank of India (RBI) Shaktikanta Das memimpin bersama pertemuan tersebut, di mana para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20 mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan pengawasan mata uang digital, bersama dengan tantangan-tantangan yang terkait.

“Diskusi mengenai aset crypto menyoroti bahwa hal ini tidak dapat dibatasi pada satu bagian dunia saja. Implikasinya dapat berdampak pada negara berkembang dan negara maju. Oleh karena itu, diperlukan tanggapan kebijakan global terhadap aset crypto,” ujar Menteri keuangan India.

Baca Juga: Demi Stabilitas Keuangan Negara, India Kembangkan Framework Regulasi Global Tentang Aset Crypto!

Diskusi Lanjutan untuk Aset Crypto Akan Dilakukan Pada Bulan September dan Oktober 2023

diskusi lanjutan g20
Sumber: Swarajya

“Saya senang bahwa ada penerimaan yang lebih besar di antara semua anggota G20 bahwa tindakan apa pun terhadap aset crypto harus bersifat global. G20, menurut saya, telah merespons secara adil dan cepat terhadap tantangan yang ditimbulkan oleh aset kripto,” ujar Sitharaman.

Sitharaman menjelaskan bahwa diskusi lanjutan mengenai crypto akan dilakukan pada bulan September dan Oktober 2023. Baca berita lengkapnya di Negara G20 Akan Bahas Framework Crypto, Bagian Penting dari Diskusi? Ini Kata Menkeu India!

Diskusi tersebut akan membahas mengenai roadmap yang sedang dipersiapkan mengenai bagaimana dan seperti apa pemahaman para anggota G20 mengenai hal tersebut. Hal ini dapat dibawa lebih jauh ke depan mengenai tindakan-tindakan regulasi yang spesifik ketika G20 mengambil keputusan.

Sebagai kesimpulan, Sitharaman mengatakan bahwa diskusi crypto di antara anggota G20 sangat substantif, dan menambahkan bahwa semua kepala keuangan G20 mencapai kesepakatan bahwa pengawasan crypto harus ditangani secara global.

Referensi: