Perubahan Besar di Prancis: Regulasi Crypto Baru Sesuai dengan MiCA!

Perubahan Besar di Prancis: Regulasi Crypto Baru Sesuai dengan MiCA!

Prancis, negara yang dikenal sebagai pusat keuangan Eropa, kini memperbarui regulasi crypto mereka. Tujuannya?

Untuk sejalan dengan kerangka kerja MiCA yang diterapkan di seluruh Eropa. Kamu mungkin bertanya-tanya, apa yang berubah dan bagaimana ini bisa mempengaruhi dunia crypto? Mari kita telusuri lebih lanjut.

Perubahan Utama dalam Regulasi Kripto Prancis

Di Prancis, amandemen terhadap rezim crypto yang ada saat ini akan berlaku mulai tahun depan. Ini dilakukan untuk menyelaraskan regulasi nasional dengan kerangka kerja MiCA Eropa.

Baca Juga: Gubernur Bank Prancis Buka Suara, Semua Perusahaan Crypto di Prancis Harus Berlisensi!

Autorité des Marchés Financiers (AMF), otoritas keuangan utama di Prancis, mengumumkan ketentuan dari Regulasi Umumnya dan kebijakan mereka terhadap penyedia layanan aset digital (DASPs) karena “pendaftaran yang ditingkatkan”. Pengumuman ini diterbitkan pada tanggal 10 Agustus 2023.

Apa yang Dimaksud dengan “Pendaftaran yang Ditingkatkan”?

Pendaftaran yang ditingkatkan” untuk platform crypto, yang diatur oleh Pasal 721-1-2 dari Regulasi Umum AMF.

Regulasi ini akan mencakup sistem untuk mengelola konflik kepentingan, kewajiban pengungkapan tambahan, pemisahan aset klien dan aset platform, serta larangan menggunakan aset klien tanpa persetujuan sebelumnya dari mereka.

Kapan Amandemen Ini Akan Berlaku?

regulasi crypto prancis

Amandemen ini akan menjadi wajib mulai 1 Januari 2024. Namun, DASPs yang mendapatkan pendaftaran sebelum tanggal tersebut akan mendapat keuntungan dan akan tunduk pada versi kerangka kerja yang lebih sederhana sebelumnya.

Kerangka kerja crypto yang komprehensif pertama, MiCA, disetujui oleh Parlemen Eropa pada April 2023 dan diharapkan mulai berlaku pada tahun 2024 dan 2025.

Meskipun telah melalui proses panjang, regulasi ini menimbulkan beberapa kekhawatiran di komunitas crypto, salah satunya adalah batasan transaksi harian sebesar 200 juta euro untuk stablecoin pribadi seperti Tether USDT.

Baca Juga: Prancis Kini Dukung Penyedia Layanan Crypto! Adopsi Crypto Makin Gencar di Eropa?

Kamu, sebagai pelaku atau peminat di dunia crypto, tentunya perlu memahami dan menyesuaikan diri dengan perubahan regulasi crypto ini.

Sebagai langkah awal, selalu update informasi dan pastikan kamu memahami setiap detailnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: