Regulasi Bitcoin: Dari Tingkat Negara Bagian hingga Potensi ETF di AS

Regulasi Bitcoin: Dari Tingkat Negara Bagian hingga Potensi ETF di AS

Dunia mata uang digital, khususnya Bitcoin, menghadapi perkembangan regulasi crypto yang signifikan, mulai dari tingkat negara bagian di AS hingga potensi persetujuan ETF Bitcoin. Artikel ini akan membahas kedua aspek ini secara mendalam.

‘Blockchain Basics Act’ di Missouri: Langkah Baru dalam Regulasi Bitcoin

Di Missouri, sebuah undang-undang baru yang dikenal sebagai ‘Blockchain Basics Act’ telah diperkenalkan. Undang-undang ini bertujuan untuk menjamin beberapa hak crypto, termasuk hak atas penyimpanan mandiri, penambangan, dan staking. Ini merupakan langkah penting dalam pertarungan regulasi Bitcoin, membawa isu ini ke tingkat negara bagian.

Baca Juga: Terobosan Pasar Keuangan: ETF Bitcoin Segera Melantai di Wall Street?

Inisiatif ini menunjukkan bahwa negara bagian mulai mengambil peran aktif dalam mengatur ruang crypto. Dengan menetapkan hak-hak dasar bagi pengguna dan operator di industri blockchain, Missouri mungkin menjadi contoh bagi negara bagian lain dalam menangani regulasi crypto.

Potensi Persetujuan ETF Bitcoin di AS

grayscale etf bitcoin
Sumber: The Cryptonomist

Sementara itu, di tingkat federal, ada potensi besar untuk persetujuan ETF Bitcoin di Amerika Serikat. Menurut judul artikel dari Reuters, ETF Bitcoin spot mungkin mendapatkan persetujuan dalam waktu dekat. Ini akan menjadi langkah besar dalam penerimaan dan integrasi Bitcoin ke dalam sistem keuangan mainstream.

Persetujuan ETF Bitcoin akan memudahkan investor crypto untuk terlibat dalam pasar Bitcoin tanpa perlu memiliki Bitcoin secara langsung. Ini juga akan memberikan legitimasi lebih lanjut kepada Bitcoin sebagai aset investasi dan bisa membuka jalan bagi lebih banyak produk keuangan berbasis crypto.

Kesimpulan

Dari regulasi di tingkat negara bagian hingga potensi persetujuan ETF Bitcoin, langkah-langkah ini menunjukkan perkembangan penting dalam cara pemerintah dan lembaga keuangan melihat Bitcoin. Ini menandakan era baru dalam adopsi dan regulasi mata uang digital, yang bisa memiliki dampak jangka panjang pada industri ini.

Baca Juga: Terungkap! ETF Bitcoin Segera Hadir, Apa Dampaknya bagi Investor?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: