Regulasi Baru Norwegia Menyasar Pusat Data, Pengaruh Besar bagi Penambang Bitcoin

Regulasi Baru Norwegia Menyasar Pusat Data, Pengaruh Besar bagi Penambang Bitcoin

Pemerintah Norwegia baru-baru ini mengesahkan legislasi yang berfokus pada regulasi pusat data, yang memiliki implikasi besar bagi industri penambangan Bitcoin. Kebijakan ini ditujukan untuk memberikan kerangka kerja yang lebih terstruktur terhadap operasi pusat data di negara tersebut, termasuk yang menjalankan aktivitas penambangan crypto. Artikel ini akan menggali lebih dalam tentang isi dari legislasi tersebut dan dampaknya terhadap industri penambangan Bitcoin. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Detail Legislatif dan Tujuan Pemerintah

Legislasi baru ini menuntut semua pusat data untuk terdaftar secara resmi, mencakup informasi tentang pemilik dan pemimpin, serta jenis layanan digital yang mereka tawarkan. Norwegia menjadi negara Eropa pertama yang menetapkan kerangka kerja semacam ini, menurut Menteri Energi Norwegia, Terje Aasland.

Tujuan dari regulasi ini adalah untuk memberikan politisi gambaran yang lebih baik tentang pusat data di wilayah mereka, yang akan menjadi dasar yang lebih baik untuk menerima atau menolak operasi mereka. Aasland menekankan bahwa kebijakan ini bertujuan untuk menutup pintu bagi proyek-proyek yang tidak diinginkan oleh pemerintah.

Baca Juga: VALR Raih Lisensi Kripto Resmi dari Otoritas Afrika Selatan

Tantangan untuk Penambang Bitcoin

cbdc norwegia
Sumber: Crypto News

Keputusan ini berarti peningkatan pengawasan untuk penambang Bitcoin di Norwegia, terutama menjelang halving Bitcoin yang akan datang. Halving ini akan mengurangi hadiah blok menjadi setengah, yang bisa mengancam keuntungan para penambang.

Industri penambangan crypto di Norwegia selama ini cukup tidak teratur, dan dikenal karena emisi gas rumah kaca yang besar. Aasland menambahkan bahwa pemerintah tidak tertarik pada bisnis yang hanya ingin mengekstrak energi murah dari negara tersebut.

Baca Juga: Bitcoin Halving Countdown: 4 Hari Lagi, Gimana Pergerakan Harganya?

Potensi Dampak Jangka Panjang dan Penerimaan Industri

Meskipun ada tekanan baru, Aasland mencatat bahwa pemerintah menyambut baik pusat data yang menjalankan peran yang bermanfaat bagi masyarakat, seperti pusat yang beroperasi sebagai server penyimpanan, yang ia sebut sebagai bagian penting dari struktur sosial Norwegia.

Kebijakan baru ini juga akan memberikan lebih banyak informasi yang akan digunakan untuk melanjutkan rencana digitalisasi Norwegia, menurut Karianne Tung, Menteri Digitalisasi dan Tata Kelola Publik Norwegia. Sementara itu, penambang Bitcoin mungkin menghadapi masa yang lebih sulit, terutama pasca-halving.

Legislasi baru ini merupakan langkah besar oleh Norwegia dalam mengatur industri pusat data, yang secara signifikan akan mempengaruhi operasi penambangan crypto di negara tersebut. Dengan mengambil pendekatan yang lebih selektif, Norwegia berupaya untuk mengurangi dampak negatif dari industri ini, sambil tetap mendukung inovasi dan kegiatan yang memberi manfaat lebih luas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: