Bagaimana Harga Bitcoin Bereaksi terhadap FOMC Meeting AS dan Pidato Powell?

Bagaimana Harga Bitcoin Bereaksi terhadap FOMC Meeting AS dan Pidato Powell?

Dalam suasana yang dipenuhi ketidakpastian, pasar global menunggu langkah selanjutnya dari Federal Reserve AS. Dengan inflasi tertinggi dalam empat dekade, pertanyaan besar yang muncul adalah bagaimana harga Bitcoin akan bereaksi terhadap pidato Jerome Powell dan kebijakan suku bunga Fed yang akan datang. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Prospek Kebijakan Moneter

prospek kebijakan moneter
Sumber: NPR

Pada pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) bulan September, beberapa pejabat bank sentral memberikan sinyal bahwa suku bunga masih bisa naik. Namun, ada juga yang berpendapat sebaliknya, bahwa suku bunga federal mungkin telah mencapai puncaknya untuk siklus ini.

Volatilitas pasar obligasi baru-baru ini yang mendorong yield obligasi Treasury 10-tahun ke 5%, seperti yang dicatat oleh Jerome Powell, mungkin telah melakukan sebagian pekerjaan Fed, sehingga mengurangi kebutuhan untuk pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut. Inflasi tahunan masih berada di angka 3,7% pada September, hampir dua kali lipat target 2% Fed.

Menurut jajak pendapat terbaru Bloomberg, peluang resesi dalam 12 bulan ke depan adalah 55%. Saat ini, pasar melihat peluang 97% tidak ada penyesuaian pada pertemuan FOMC 1 November, yang akan menjaga suku bunga fed dalam kisaran 525-550 basis poin.

Baca Juga: Ketua The Fed, Jerome Powell, Ungkap Dampak Keputusan Suku Bunga Terhadap Pasar Crypto!

Kondisi Keuangan Saat Ini dan Harapan Inflasi

Ketua Fed, Jerome Powell, mencatat bahwa kondisi keuangan telah mengencang secara signifikan dalam beberapa bulan terakhir, dan yield obligasi jangka panjang telah menjadi faktor penting dalam pengetatan ini.

Fed tetap waspada terhadap perkembangan ini karena perubahan persisten dalam kondisi keuangan dapat memiliki implikasi untuk jalur kebijakan moneter. Sementara itu, harapan inflasi dan pasar tenaga kerja juga menjadi perhatian.

Anggota Dewan Gubernur Federal Reserve, Christopher Waller, mengingatkan bahwa meskipun ada dasar untuk mengharapkan inflasi akan terus turun, kita telah melihat laporan inflasi yang baik menguap beberapa kali dalam masa lalu. Oleh karena itu, dia akan memantau laporan berikutnya untuk indikasi yang lebih jelas bahwa inflasi berada pada jalur ke 2%.

Bagaimana harga Bitcoin bereaksi terhadap pertemuan FOMC AS dan pidato Powell? Baca artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: