Bank Sentral India Ungkap Rencana Terbaru untuk Cryptocurrency!

Bank Sentral India Ungkap Rencana Terbaru untuk Cryptocurrency!

Cryptocurrency atau mata uang digital tengah menjadi tren di dunia, dan India tidak mau ketinggalan. Bank sentral India, Reserve Bank of India (RBI), baru-baru ini mengungkapkan rencana terbaru mereka untuk mengembangkan Central Bank Digital Currency (CBDC) atau mata uang digital bank sentral.

Dalam artikel ini, kita akan membahas perkembangan terbaru CBDC India, termasuk upaya mereka dalam mengatasi masalah privasi dan rencana untuk melibatkan startup lokal dalam proyek ini. Simak berita lengkapnya!

RBI Fokus pada Privasi CBDC

RBI menyadari pentingnya privasi dalam pengembangan CBDC. Mereka sedang menjajaki solusi teknologi untuk mengatasi masalah privasi yang terkait dengan mata uang digital ini. Menurut seorang sumber yang dekat dengan pemerintah, RBI ingin meningkatkan privasi rupee digital agar masyarakat merasa aman saat menggunakannya.

Sumber tersebut juga mengungkapkan bahwa RBI mungkin akan melibatkan startup lokal dalam proyek CBDC untuk mendapatkan masukan dan inovasi dari sektor swasta.

Baca Juga: Robert F. Kennedy Jr. dan Donald Trump Bersatu Menentang CBDC? Ini Faktanya!

Pajak Crypto Tetap Tidak Berubah

pajak crypto india
Sumber: Akun X Sathvik

Dalam berita terkait, anggaran terbaru India tidak menyebutkan adanya perubahan pada kebijakan pajak crypto yang ada saat ini. Sebelumnya, India telah mengumumkan pajak sebesar 30% atas keuntungan crypto dan pajak yang dipotong di sumber (TDS) sebesar 1% untuk semua transaksi.

Kebijakan ini berdampak pada penyedia layanan crypto dan investor lokal. Meskipun ada kampanye untuk mengurangi pajak crypto, Menteri Keuangan India, Nirmala Sitharaman, menyatakan bahwa tidak ada perubahan pada pajak mata uang digital dalam anggaran sementara yang disajikan di parlemen.

Baca Juga: Bank of America: CBDC Akan Merevolusi Sistem Keuangan Global

Masa Depan CBDC India

Upaya RBI dalam mengembangkan CBDC menunjukkan komitmen India untuk memajukan teknologi keuangan dan ekonomi digital. Dengan fokus pada privasi dan keterlibatan startup lokal, RBI berharap dapat menciptakan CBDC yang aman, efisien, dan diterima secara luas oleh masyarakat.

Keberhasilan CBDC India dapat menjadi contoh bagi negara-negara lain yang sedang mempertimbangkan untuk mengembangkan mata uang digital mereka sendiri.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi