Pulih dari Krisis, Beacon Chain Ethereum Diperbarui Setelah Alami Masalah Finalitas!

Pulih dari Krisis, Beacon Chain Ethereum Diperbarui Setelah Alami Masalah Finalitas!

Ethereum, platform blockchain dan cryptocurrency terbesar kedua di dunia, baru-baru ini menghadapi tantangan teknis. Masalah ini berhubungan dengan “finalitas” transaksi, sebuah konsep penting dalam blockchain yang merujuk pada ketidakmungkinan suatu transaksi untuk dibatalkan atau diubah setelah dikonfirmasi oleh jaringan.

Dalam konteks ini, Ethereum mengalami penundaan dalam penyelesaian transaksi, yang berarti transaksi tersebut membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya untuk mencapai status final atau “terkonfirmasi”.

Untuk menyelesaikan masalah ini, tim Ethereum telah memperbarui Rantai Beacon-nya, yang merupakan bagian penting dari infrastruktur Ethereum dan bertujuan untuk mempercepat proses penyelesaian transaksi. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Masalah Finalitas yang Mengguncang Ethereum

masalah finalitas ethereum
Sumber: Alchemy

Pembaruan ini melibatkan peningkatan pada Rantai Beacon, yang merupakan bagian inti dari Ethereum 2.0, versi terbaru dan lebih efisien dari platform Ethereum.

Sebagai bagian dari pembaruan ini, tim Ethereum telah mengerjakan perbaikan bug dan memperkenalkan fitur baru yang dirancang untuk meningkatkan keandalan dan efisiensi transaksi.

Ini termasuk peningkatan pada algoritma konsensus PoS (Proof of Stake) Ethereum, yang bertujuan untuk memastikan bahwa transaksi di jaringan dapat diproses dan dikonfirmasi dengan cepat dan akurat. Pembaruan ini mencerminkan komitmen Ethereum untuk terus memperbaiki dan menyesuaikan teknologinya agar tetap relevan dan efektif.

Baca Juga: Ethereum Bakal Diterjang Gelombang Volatilitas Baru, Apa Dampak pada Harga ETH?

Penyelesaian dengan Pembaruan Beacon Chain

Dilansir dari Cointelegraph, Ethereum mengalami dua insiden besar yang berdampak pada finalitas transaksi di jaringannya. Insiden ini menyebabkan penundaan dalam pemrosesan transaksi dan membuat beberapa pengguna merasa frustrasi.

Selain itu, mereka juga menunjukkan bahwa ada ruang untuk perbaikan dalam cara Ethereum menangani transaksi. Insiden ini menunjukkan bahwa meski Ethereum adalah salah satu platform blockchain terkemuka di dunia, masih ada tantangan teknis yang harus diatasi.

Oleh karena itu, pembaruan ini dianggap penting untuk menjaga kepercayaan pengguna dan memastikan bahwa Ethereum dapat terus berfungsi dengan efektif.

Baca Juga: Upgrade Ethereum Dencun Siap Hadir dengan Biaya Transaksi Lebih Rendah!

Dampak Pembaruan Rantai Beacon Ethereum

Banyak anggota komunitas yang merasa lega melihat Ethereum menanggapi masalah ini dengan cepat dan efisien. Para pengembang dan pengguna memuji Ethereum karena mampu menyelesaikan masalah ini dengan pembaruan yang efektif.

Meskipun ada beberapa kritik dan kekhawatiran, kebanyakan orang merasa optimis tentang masa depan Ethereum setelah pembaruan ini. Mereka percaya bahwa dengan kemampuan untuk menyelesaikan masalah ini, Ethereum membuktikan bahwa platform ini dapat diandalkan dan siap untuk tantangan apa pun yang mungkin datang di masa depan.

Referensi: