Ramalan Natal Crypto 2023: Analis Prediksi Lonjakan ‘Santa Claus’ akan Bawa Keuntungan Akhir Tahun!

author:

Ramalan Natal Crypto 2023: Analis Prediksi Lonjakan ‘Santa Claus’ akan Bawa Keuntungan Akhir Tahun!

Menjelang musim liburan, pasar crypto mungkin akan menerima hadiah kegembiraan dari sosok ‘Santa Claus’. Analis dari Matrixport, Markus Thielen, memprediksi bahwa pergeseran makroekonomi terkini dapat menyiapkan panggung untuk lonjakan harga crypto yang signifikan, yang dijuluki sebagai ‘Santa Claus squeeze’.

Lebih lanjut, lonjakan ini diharapkan akan membawa keuntungan yang meriah menjelang akhir tahun, dengan Bitcoin memimpin kenaikan tersebut.

Baca juga: Bitcoin (BTC) Siap Masuk Fase Bullish? Ini Beberapa Faktor Pendukungnya!

Indikator Makroekonomi Memacu Optimisme Crypto

Thielen mengamati bahwa Bitcoin secara historis mengalami kenaikan rata-rata sebesar 23% selama bulan November dan Desember 2023.

Tiga peristiwa makro minggu lalu, seperti Departemen Keuangan AS memperlambat laju penerbitan utang bertenor lebih panjang, ketua Fed Powell yang sangat dovish selama konferensi pers pasca pertemuan FOMC, serta perilisan data laporan Nonfarm payrolls AS yang menandakan melemahnya pasar tenaga kerja, membuat aset-aset berisiko, saham dan crypto, bersiap untuk reli yang cukup besar hingga akhir tahun.

Aset-aset berdurasi panjang, seperti saham-saham teknologi yang baru saja go public (IPO) dan aset-aset crypto adalah penerima manfaat utama. Ini juga merupakan minggu pertama ketika aset-aset crypto dengan beta yang lebih tinggi mengungguli Bitcoin dan dapat menandakan bahwa reli besar-besaran akan segera terjadi.

rasio bitcoin dan ethereum
Sumber: Markus Thielen

Sementara Bitcoin naik +2,8% selama seminggu terakhir, Ethereum naik +5,5%, Ripple Labs XRP +13,5%, dan Solana naik +28,3% didukung oleh Breakpoint Solana, tetapi mungkin yang lebih penting adalah karena kuatnya likuiditas yang disinyalir oleh ketiga peristiwa makro tersebut.

Tiga peristiwa makroekonomi yang diidentifikasi Thielen menunjukkan bahwa tingkat suku bunga telah mencapai puncaknya, menciptakan kondisi yang menguntungkan untuk aset berisiko seperti crypto.

Bitcoin dan Ethereum: Lonjakan Potensial dalam Pandangan?

Mengingat akhir siklus kenaikan suku bunga Fed terakhir pada Januari 2019, di mana harga Bitcoin melonjak sekitar 400%, Thielen memprediksi bahwa Bitcoin dan beberapa altcoin yang ia sebut sebagai ‘aset crypto beta tinggi’ bisa melihat pertumbuhan yang signifikan pada tahun 2023 dan 2024.

Baca juga: Whale Ethereum Menarik Lebih dari $15 Juta, Apakah Ini Pertanda Pasar akan Menghijau?

trading volume bitcoin
Sumber: Markus Thielen

Selain itu, potensi persetujuan ETF Bitcoin spot oleh BlackRock juga dapat bertindak sebagai katalis untuk lonjakan crypto yang lebih luas.

Ethereum Menunjukkan Tanda-tanda Kebangkitan

Tidak hanya itu, Thielen juga menyoroti tanda-tanda kebangkitan ekosistem Ethereum, yang ditunjukkan dengan peningkatan pendapatan dan ketahanan ETH dalam mempertahankan level dukungan kritis sebesar $1,550.

Ethereum dan altcoin lainnya mulai menyalip Bitcoin, yang tercermin dalam dominasi pasar dan volume perdagangan yang meningkat.

Dengan pendekatan musim liburan, ‘Santa Claus squeeze’ mungkin saja menjadi kenyataan yang membawa keceriaan bagi investor crypto. Sementara pasar mungkin bergerak dengan hati-hati, indikator saat ini menunjukkan bahwa kita mungkin akan menyaksikan penutupan tahun yang menguntungkan bagi aset digital.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: