Ngambis! Raksasa Telekomunikasi Korea Selatan Siap Investasi Rp79 Triliun untuk AI

author:

Ngambis! Raksasa Telekomunikasi Korea Selatan Siap Investasi Rp79 Triliun untuk AI

KT, perusahaan telekomunikasi raksasa asal Korea Selatan yang sebelumnya dikenal sebagai Korea Telecom, telah mengumumkan rencana untuk berinvestasi sebesar $5,3 miliar atau setara dengan Rp79 triliun dalam penelitian dan pengembangan layanan AI selama lima tahun ke depan. Langkah ini menegaskan posisi KT sebagai pelopor di industri AI yang sedang berkembang pesat.

KT Berambisi Menjadi Pemimpin di Industri AI

ambisi kt korea dalam ai
Decrypt

Menurut laporan, KT berencana untuk menjamin mesin pertumbuhan masa depan dan meningkatkan daya saing AI-nya dengan meningkatkan pendapatan tahunan dari perusahaan AI menjadi lebih dari 1 triliun won ($764 juta) atau setara dengan Rp11 triliun pada tahun 2025.

“KT adalah perusahaan AI terkemuka di Korea, dan kami akan menetapkan diri kami sebagai penyedia layanan AI yang berpusat pada pelanggan dengan menerapkan pengalaman, kemampuan, infrastruktur, dan pengetahuan kami ke dalam bisnis AI,” kata Song Jae-ho, wakil presiden Divisi Bisnis Konvergensi AI/DX KT.

Rencana ini melibatkan peningkatan besar-besaran pada infrastruktur mereka, serta pembuatan “teknologi AI super raksasa” dan bisnis berbasis AI baru. Bisnis AI KT akan mendapatkan manfaat dari upaya perusahaan untuk meningkatkan kemampuan teknologi dan infrastruktur di bidang ini.

Baca juga: ETH Zurich Kembangkan “Meta Suit”, Baju VR untuk Pengalaman Metaverse yang Next Level!

Meski begitu, KT tidak sendirian dalam perlombaan untuk mendominasi industri AI. Menurut laporan, seluruh industri diperkirakan akan bernilai sebesar $15,7 triliun pada tahun 2030, sehingga tidak mengherankan jika industri ini telah menarik investasi dari beberapa nama terkemuka dalam bisnis global.

KT Fokus pada Robotika, Perawatan, dan Pendidikan Berbasis AI

Dalam konferensi pers yang diadakan di Novotel Ambassador Dongdaemun di Jung-gu, Seoul, KT mengungkapkan strategi mereka untuk layanan AI yang disesuaikan dengan pelanggan, termasuk robotika, perawatan, dan pendidikan yang didorong oleh AI, serta pusat kontak AI dan bisnis logistik.

Di bidang robotika, KT berencana untuk memimpin pertumbuhan pasar sebagai “penyedia layanan robot AI,” dengan kekuatan inti yang berakar pada “sistem pengiriman” dan “platform robot” yang unik. KT berencana untuk memperluas lini produk robot AI mereka untuk mencakup layanan robot pengiriman luar ruangan, robot logistik kecil untuk pabrik dan pusat distribusi, dan robot pengiriman pertanian.

Sementara itu, dalam bidang perawatan AI, KT berencana untuk meluncurkan layanan telecare menggunakan teknologi AI untuk mengelola penyakit kronis dalam kehidupan sehari-hari. Layanan ini akan menampilkan teknologi inovatif “AI Food Tag” yang mempermudah pencatatan kebiasaan makan dan analisis konten nutrisi melalui satu foto saja.

KT Membuka Cakrawala Baru dalam Pendidikan dan Kolaborasi Internasional

proyek ai dari prancis
Economic Times

Di bidang pendidikan, inisiatif KT akan diperkuat oleh “Platform Pendidikan Masa Depan AI,” yang bertujuan untuk mendorong inovasi digital dalam pendidikan. Platform ini memungkinkan pembuatan tugas otomatis berdasarkan alat pembelajaran digital, memberikan bimbingan belajar yang disesuaikan melalui AI. Platform ini dijadwalkan untuk diperkenalkan melalui pendidikan publik tahun ini, dengan rencana untuk memperluas ke kantor pendidikan regional lainnya untuk memicu transformasi digital di bidang pendidikan.

Baca juga: Amazon Siapkan Dana Rp1,5 Triliun untuk Startup AI, Bakal Ada Revolusi Besar di Masa Depan?

Ekspansi internasional juga ada di cakrawala KT. Perusahaan akan bermitra dengan perusahaan telekomunikasi teratas Singapura, Singtel, untuk memperkenalkan platform transportasi AI. Upaya kolaboratif ini dimaksudkan untuk memperkuat posisi Singapura sebagai hub logistik Asia Timur. Selain itu, KT berencana untuk mengkomersialkan layanan perawatan AI di Vietnam, dengan fokus pada pasien kanker dan pasien penyakit kronis.

Dengan investasi besar-besaran ini, KT menunjukkan dedikasinya untuk memimpin jalan dalam pengembangan AI. Dengan memanfaatkan potensi besar AI untuk memicu inovasi dan merevolusi berbagai aspek ekonomi, perusahaan ingin menetapkan dirinya sebagai pemimpin di bidang ini, yang sedang berkembang pesat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: