Railgun Raih Dukungan Vitalik Buterin, Ini Alasannya!

Railgun Raih Dukungan Vitalik Buterin, Ini Alasannya!

Jakarta, Pintu News – Dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan BeInCrypto, Alan Scott, seorang peneliti di Railgun, menjelaskan tentang rekomendasi terbaru oleh Vitalik Buterin, salah satu pendiri Ethereum. Rekomendasi ini menyoroti kemajuan dan fitur privasi unik yang Railgun berusaha untuk bawa ke sektor keuangan terdesentralisasi (DeFi). Simak berita lengkapnya disini!

Inovasi Privasi dalam Dunia Crypto

Railgun, sebuah proyek yang berfokus pada sektor keuangan terdesentralisasi (DeFi), telah memperoleh pengakuan besar dari salah satu tokoh terkemuka dalam dunia crypto, Vitalik Buterin. Dalam wawancara eksklusif dengan BeInCrypto, Alan Scott, seorang peneliti di Railgun, menjelaskan bahwa pengakuan tersebut menyoroti kemajuan serta fitur privasi unik yang ingin dibawa oleh Railgun ke sektor DeFi.

Salah satu inovasi utama yang dibawa oleh Railgun adalah penggunaan bukti pengetahuan nol (zero-knowledge proofs) atau yang dikenal dengan zk-SNARKs. Scott menjelaskan bahwa teknologi ini memungkinkan pengguna untuk membuktikan kebenaran suatu pernyataan tanpa harus mengungkapkan informasi sebenarnya. Dalam konteks Railgun, pengguna dapat membuktikan kepemilikan saldo token terenkripsi tertentu dalam kontrak pintar Railgun, memungkinkan transaksi yang menjaga privasi.

Selain itu, proyek ini juga menonjol dengan kemampuannya untuk melakukan panggilan lintas kontrak secara pribadi. Hal ini memungkinkan pengguna untuk terlibat dalam berbagai aktivitas DeFi, seperti pertukaran dan pertanian (farming), dari akun kepemilikan eksternal yang menjaga privasi. Scott menekankan bahwa fitur ini memberikan keuntungan besar bagi pengguna, dan pengakuan dari salah satu pemikir terbesar dalam ruang tersebut memberikan semangat baru bagi tim Railgun.

Baca Juga: Pendiri Ethereum Vitalik Buterin Mengkritik Kegilaan Meme Coin, Ada Apa?

Pentingnya Privasi dalam Transaksi DeFi

vitalik buterin nft ethereum
Sumber: VOI

Railgun tidak hanya menawarkan fitur privasi untuk transaksi, tetapi juga berusaha untuk menjamin keamanan pengguna dalam berinteraksi dengan kontrak pintar. Salah satu fitur yang ditonjolkan oleh Scott adalah Private Proofs of Innocence, yang membantu pengguna untuk menunjukkan bahwa mereka tidak berinteraksi dengan alamat-alamat jahat di rantai blok. Hal ini memberikan kepastian kepada pengguna bahwa mereka tidak berbagi sistem dengan aktor-aktor yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, Railgun juga mengintegrasikan fitur auditabilitas, seperti kunci pribadi hanya untuk melihat, yang memungkinkan pengguna untuk mengungkapkan grafik transaksi kepada pihak ketiga dan berintegrasi dengan perangkat lunak pajak seperti Koinly. Pendekatan ini menunjukkan komitmen Railgun dalam mengatasi tantangan privasi dengan pendekatan yang holistik, baik melalui teknologi maupun pendidikan.

Baca Juga: Vitalik Buterin Kritik Keras Metaverse, Sebut Hanya Gimmick Pemasaran?

Masa Depan Railgun: Menjadikan Transaksi Pribadi Sebuah Kenyataan

Railgun berencana untuk menghadirkan dua pembaruan besar. Versi 3 akan memperkenalkan arsitektur modular yang memungkinkan kemampuan DeFi pribadi baru seperti leverage, sementara Railgun Connect akan menjadi plugin privasi universal untuk Ethereum Virtual Machine (EVM).

Ini akan memungkinkan pengguna menggunakan saldo pribadi mereka di sebagian besar platform DeFi tanpa perlu integrasi. Pembaruan ini menunjukkan komitmen Railgun untuk terus meningkatkan privasi dan kemudahan pengguna dalam DeFi, mengubah cara transaksi dilakukan di ekosistem tersebut.

Kesimpulan

Dengan komitmen terhadap inovasi dan privasi, Railgun menunjukkan potensinya untuk mengubah sektor DeFi. Rekomendasi Vitalik Buterin menyoroti pentingnya Railgun dalam memajukan teknologi privasi dalam dunia DeFi. Ini menciptakan peluang besar bagi pengguna dan pengembang di ekosistem DeFi untuk lebih memanfaatkan teknologi blockchain dengan rasa aman dan privasi yang ditingkatkan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi