Viral Railgun: Crypto dengan Peningkatan Privasi dan Efisiensi Transaksi

author:

Viral Railgun: Crypto dengan Peningkatan Privasi dan Efisiensi Transaksi

Railgun menonjol sebagai solusi inovatif di ranah DeFi, memungkinkan transaksi yang aman dan pribadi sambil memberikan pengalaman pengguna yang mulus. Dengan menggabungkan privasi yang ketat dengan interaksi DeFi yang luas, Railgun berpotensi membentuk masa depan transaksi crypto yang lebih pribadi dan aman. Simak selengkapnya mengenai Railgun crypto di sini!

Apa itu Railgun Crypto?

Railgun crypto adalah protokol DeFi yang berfokus pada privasi, memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi tanpa mengungkapkan identitas atau rincian transaksi mereka. Dikembangkan di atas Ethereum, Railgun menggunakan kontrak cerdas untuk menyembunyikan detail transaksi sambil tetap berinteraksi dengan berbagai produk DeFi seperti pertukaran terdesentralisasi, staking, dan yield farming.

cara-kerja-railgun-crypto
(railgun.org)

Railgun tidak hanya meningkatkan privasi tetapi juga memungkinkan partisipasi dalam tata kelola DeFi melalui pemungutan suara yang anonim. Kunci dari sistem ini adalah teknologi zero knowledge proof bernama zk-SNARKs, yang memverifikasi transaksi tanpa memerlukan pengungkapan informasi sensitif kepada pihak ketiga.

Sejarah Railgun Crypto dan Pengembangannya

Diluncurkan pada tahun 2021, Railgun dirancang untuk menanggapi kebutuhan privasi yang meningkat di dunia kripto. Dengan dukungan dari tokoh-tokoh penting seperti Vitalik Buterin, pencipta Ethereum, Railgun telah menarik perhatian komunitas crypto secara luas.

Buterin sendiri telah menggunakan Railgun untuk transaksi yang melibatkan jumlah besar ETH, menyoroti pentingnya dan efektivitas teknologi ini dalam melindungi privasi pengguna.

Sejak diluncurkan, Railgun telah mengalami pertumbuhan yang signifikan, dengan token RAIL mengalami peningkatan nilai yang tajam setelah dukungan publik dari Buterin. Hal ini menunjukkan tingkat kepercayaan dan adopsi yang tinggi dalam komunitas crypto terhadap solusi privasi yang ditawarkan oleh Railgun.

Cara Kerja Railgun

Sistem Railgun menggabungkan beberapa teknologi canggih untuk memastikan transaksi yang aman dan pribadi. Pada awalnya, pengguna mendepositkan token ERC-20 mereka ke dalam kontrak cerdas Railgun.

Selanjutnya, kontrak ini menghasilkan bukti zk-SNARK yang anonim dan memverifikasinya, memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan DeFi tanpa mengungkapkan identitas mereka.

Proses ini melibatkan relayer, yang bertindak sebagai perantara yang menyiarkan transaksi ke blockchain Ethereum atas nama pengguna. Ini menjamin bahwa bahkan ketika alamat diikuti, yang terlihat hanyalah interaksi dengan kontrak Railgun, bukan alamat pribadi pengguna.

Tokenomic Railgun

RAIL, token asli Railgun, digunakan untuk berbagai fungsi dalam ekosistem, termasuk pembayaran biaya dan partisipasi dalam tata kelola DAO Railgun. Pemegang token dapat mempengaruhi pengembangan lebih lanjut dari protokol ini melalui proses pemungutan suara yang dilindungi privasi.

Selain itu, nilai token RAIL mendapat dorongan signifikan setelah dukungan dari figur terkenal dalam industri, seperti Vitalik Buterin, yang meningkatkan kepercayaan dan minat investor terhadap proyek ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: