Terungkap! Rahasia di Balik Fluktuasi Harga Crypto Ethereum dan Bitcoin

Terungkap! Rahasia di Balik Fluktuasi Harga Crypto Ethereum dan Bitcoin

Dunia crypto kembali menjadi sorotan dengan fluktuasi harga Ethereum yang mencerminkan volatilitas Bitcoin. Fenomena ini terjadi di tengah meningkatnya antisipasi terhadap Exchange-Traded Funds (ETF) yang berbasis crypto.

Artikel ini akan mengupas tuntas dinamika yang terjadi di pasar crypto dan bagaimana hal ini mempengaruhi kamu sebagai investor atau pengamat.

Antisipasi ETF Meningkat, Ethereum Bersiap

Ethereum, sebagai salah satu mata uang digital terbesar, mengalami fluktuasi harga yang signifikan. Nilai perdagangan Ethereum, yang berada di kisaran $2.271, menunjukkan pergerakan harian dari $2.170 hingga $2.310. Hal ini terjadi seiring dengan meningkatnya antisipasi pasar terhadap persetujuan ETF Bitcoin oleh U.S. Securities and Exchange Commission (SEC).

Baca Juga: Menggebrak! BlackRock Ajukan ETF Bitcoin, Hopes Tergerak untuk ETF Spot!

Persetujuan ETF Bitcoin dapat menjadi preseden regulasi yang memudahkan jalur untuk ETF berbasis crypto lainnya, termasuk Ethereum. Di bulan Desember 2023, SEC menunda keputusan mereka mengenai beberapa aplikasi ETF Ethereum di AS hingga Mei 2024. Penundaan ini merupakan bagian dari proses SEC yang melibatkan masukan publik sebelum memutuskan apakah ETF tersebut layak untuk dicatatkan.

Korelasi Ethereum-Bitcoin dan Dampaknya

harga ethereum melonjak
The Cryptonomist

Korelasi antara harga Ethereum dan Bitcoin telah konsisten selama beberapa tahun terakhir. Hal ini berarti, persetujuan ETF Bitcoin dapat memicu peningkatan eksposur crypto di kalangan investor tradisional. Akibatnya, harga ETH kemungkinan akan melonjak seiring dengan meningkatnya permintaan pasar.

Namun, penundaan atau penolakan persetujuan ETF dapat memberikan tekanan bearish jangka pendek saat pasar menyesuaikan diri dengan hambatan tersebut. Sebuah survei Bitwise menemukan bahwa hanya 39% penasihat keuangan berbasis di AS yang percaya bahwa ETF Bitcoin akan disetujui tahun ini. Hal ini menunjukkan adanya ketidakpastian yang masih menggelayuti pasar.

Analisis Teknikal Harga Ethereum

Dari sudut pandang teknis, harga Ethereum bergerak dekat dengan garis tren resistensi dari pola rising wedge menjelang keputusan ETF Bitcoin. Jika terjadi penundaan atau penolakan, harga Ethereum bisa mengalami koreksi menuju garis tren bawah wedge di dekat $1.865 pada bulan Februari.

Di sisi lain, persetujuan ETF dapat membuat Ethereum mengabaikan setup rising wedge dan beralih ke pola reversal ascending triangle. Target atas dari pola ini berada di dekat $3.870 pada bulan Maret, naik 75% dari level harga saat ini.

Kesimpulan

Dinamika pasar crypto saat ini menunjukkan betapa pentingnya peristiwa seperti persetujuan ETF bagi harga mata uang digital. Bagi kamu yang terlibat dalam pasar crypto, memahami tren ini adalah kunci untuk membuat keputusan investasi yang tepat.

Baca Juga: Keuntungan Melonjak, Ini Deretan ETF Blockchain Terbaik 2023!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: