Radiant Capital Melaporkan Eksploitasi Kerugian Ethereum Sebesar $4,5 Juta!

author:

Radiant Capital Melaporkan Eksploitasi Kerugian Ethereum Sebesar $4,5 Juta!

Dunia crypto kembali dikejutkan dengan berita pencurian Ethereum yang mencapai nilai fantastis, $4,5 juta. Radiant Capital, sebuah protokol pinjaman lintas-rantai, mengonfirmasi adanya pelanggaran keamanan yang mengakibatkan kehilangan aset digital tersebut.

Kejadian ini menambah daftar panjang insiden keamanan dalam ekosistem crypto yang semakin memprihatinkan.

Penyebab Eksploitasi

PeckShield Inc., perusahaan keamanan blockchain, mengungkapkan bahwa pelaku berhasil menguras 1.900 token Ethereum dalam waktu enam detik setelah pasar baru diaktifkan.

“Penyebab utamanya bukanlah hal baru: Ini pada dasarnya mengeksploitasi jendela waktu ketika pasar baru diaktifkan dalam pasar pinjaman,” tulis PeckShield dalam laporannya.

Pelaku memanfaatkan celah yang ada pada kode Compound/Aave yang digunakan oleh Radiant Capital. Radiant Capital sendiri telah mengakui insiden tersebut melalui postingan resmi mereka. Mereka menyatakan bahwa masalah ini terjadi segera setelah pasar USDC asli yang baru dibuat di Arbitrum diaktifkan.

Baca juga: Terungkap! Kerugian Akibat Peretasan atau Serangan di Crypto Menurun Tajam hingga 53%!

Saat ini, mereka bersama dengan komunitas keamanan Web 3 sedang melakukan investigasi lebih lanjut untuk memahami secara mendalam tentang eksploitasi yang terjadi.

Langkah Penanganan dan Dampaknya

serangan radiant capital
Sumber: X

Sebagai respons atas kejadian ini, Radiant DAO Council telah memutuskan untuk sementara waktu menghentikan aktivitas pasar pinjaman dan peminjaman di Arbitrum. Langkah ini diambil untuk mencegah kerugian lebih lanjut sambil menunggu hasil investigasi.

Radiant Capital menegaskan bahwa saat ini tidak ada dana yang berisiko dan mereka berencana untuk mempublikasikan analisis pasca insiden setelah masalah ini terselesaikan.

Sementara itu, Orbit Chain juga mengalami kerugian besar akibat eksploitasi pada layanan Orbit Bridge mereka, dengan kerugian mencapai $82 juta. Mereka telah menghentikan kontrak jembatan lintas-rantai dan memulai negosiasi dengan pelaku peretasan. Kedua insiden ini menunjukkan betapa rentannya infrastruktur crypto terhadap serangan siber.

Pada akhirnya, insiden keamanan ini menjadi peringatan keras bagi seluruh pelaku industri crypto untuk terus meningkatkan sistem keamanan mereka. Radiant Capital dan Orbit Chain saat ini berada dalam proses pemulihan dan investigasi untuk mencegah kejadian serupa di masa depan.

Komunitas crypto di seluruh dunia menantikan hasil investigasi dan langkah-langkah perbaikan yang akan diambil oleh kedua platform tersebut.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: