QANplatform Luncurkan Testnet Tahan Kuantum Pertama di Dunia yang Kompatibel dengan EVM

QANplatform Luncurkan Testnet Tahan Kuantum Pertama di Dunia yang Kompatibel dengan EVM

Jakarta, Pintu News – Komputer kuantum akan mampu memecahkan algoritma kriptografi utama saat ini yang digunakan oleh seluruh internet, termasuk aplikasi perbankan, penyedia email, dan platform media sosial.

QANplatform meluncurkan testnet blockchain tahan kuantum pertama di dunia yang kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM), memungkinkan pengembangan kontrak pintar tahan kuantum.

Testnet baru ini akan memungkinkan pengembang untuk menulis kontrak pintar menggunakan bahasa pemrograman apa pun, menurut pengumuman QANplatform yang dibagikan dengan Cointelegraph. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Keamanan Pasca-Kuantum Menjadi Prioritas Utama

Keamanan pasca-kuantum telah menjadi perhatian mendesak sejak Desember 2023, ketika prosesor kuantum terbesar kedua, IBM Condor, diluncurkan dengan 1.121 qubit.

Karena desentralisasi yang melekat, sebagian besar jaringan blockchain teratas yang ada seperti Bitcoin, Ethereum, atau Solana tidak dapat mengadopsi langkah-langkah keamanan tahan kuantum tanpa dampak negatif yang signifikan, jelas Polecsak: Namun, testnet QANplatform yang baru akan memungkinkan protokol yang kompatibel dengan EVM untuk menguji proses migrasi mereka untuk alternatif tahan kuantum, tanpa mempertaruhkan dana pengguna di mainnet.

Pengumuman testnet datang hampir dua bulan setelah negara Eropa pertama mengadopsi teknologi tahan kuantum QANplatform pada bulan Maret.

Baca Juga: Warren Buffett Membandingkan AI dengan Nuklir Setelah Melihat Video Palsu Dirinya

Keamanan Kuantum Sudah Menjadi Perhatian Penting di Tahun 2024

Pemerintah di seluruh dunia sudah bersiap untuk era pasca-kuantum. Pada tahun 2018, Komisi Eropa meluncurkan inisiatif penelitian Quantum Flagship dengan anggaran sedikitnya 1 miliar euro ($1,078 miliar) dan durasi 10 tahun.

Upaya ini dibenarkan, mengingat komputasi kuantum sudah menghadirkan ancaman keamanan yang signifikan bagi pengguna internet sehari-hari, menurut Polecsak dari QANplatform.

Dilansir dari Cointelegraph, sementara komputer kuantum mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk dikembangkan, keamanan pasca-kuantum harus lebih maju, karena komputer kuantum dengan qubit stabil akan mampu memecahkan algoritma keamanan siber utama saat ini.

Baca Juga: Perusahaan AI China Tantang ChatGPT OpenAI, Siapa Juaranya?

QANplatform Luncurkan Testnet Multi-Bahasa yang Revolusioner dan Tahan Kuantum

QANplatform telah meluncurkan testnet blockchain pertama di dunia yang kompatibel dengan Ethereum dan tahan kuantum, memungkinkan pengembang untuk membuat kode kontrak pintar dalam bahasa pemrograman apa pun.

Peluncuran testnet ini dilakukan setelah negara anggota Uni Eropa berhasil menerapkan teknologi tahan kuantum QANplatform. QAN TestNet yang baru, yang merupakan pendahulu dari QAN MainNet Beta dan merupakan langkah maju dalam pertumbuhan ekosistem Web3, dibangun di atas keberhasilan QAN Private Blockchain atau QAN Enterprise Blockchain, yang diperkenalkan pada bulan September 2023.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi