Gelombang ‘Winter’ Melanda Pasar Crypto: PYUSD PayPal Alami Penurunan Tajam!

Gelombang ‘Winter’ Melanda Pasar Crypto: PYUSD PayPal Alami Penurunan Tajam!

Jakarta, Pintu News – Dalam perkembangan terbaru yang mengejutkan pasar crypto, PYUSD, stablecoin yang dikeluarkan oleh raksasa pembayaran PayPal bersama dengan perusahaan crypto Paxos, mengalami penurunan sirkulasi yang signifikan di bulan Maret. Kejadian ini menimbulkan pertanyaan serius tentang dinamika pasar dan masa depan stablecoin ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penurunan Drastis dalam Sirkulasi

PYUSD mencatatkan penurunan sirkulasi sebesar 39% di bulan Maret, dengan total sirkulasi menurun menjadi $188,5 juta dari puncaknya sebesar $312 juta pada akhir Februari. Penurunan ini terjadi meskipun ada upaya PayPal untuk meningkatkan utilitas dan adopsi PYUSD, termasuk integrasi untuk pembiayaan transfer internasional melalui layanan Xoom.

Penurunan ini menandai perubahan signifikan dari pertumbuhan cepat yang dialami PYUSD di awal tahun, di mana nilai pasarnya sempat meningkat dua kali lipat dalam waktu sekitar satu bulan pada pertengahan Januari. Namun, sejak akhir Februari, kapitalisasi pasar PYUSD telah menunjukkan tren penurunan.

Baca Juga: 99% Komunitas Aave Menyetujui Integrasi Stablecoin PYUSD PayPal!

Faktor Penyebab dan Posisi Pasar

Meskipun mengalami penurunan, PYUSD masih mempertahankan posisinya sebagai pesaing yang layak diperhatikan di pasar stablecoin, menempati posisi ke-13 berdasarkan kapitalisasi pasar.

Nilai pasar PYUSD hanya mewakili sebagian kecil, yaitu 0,18%, dari kapitalisasi pasar Tether (USDT) yang mencapai $106,6 miliar. Perbandingan ini menyoroti lanskap kompetitif dari stablecoin dan menekankan perjuangan PYUSD untuk mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar di tengah raksasa pasar.

Baca Juga: PayPal Memperkenalkan Revolusi Pembayaran Lintas Negara dengan PYUSD!

Integrasi dengan Xoom: Langkah Strategis

top 13 stablecoin
13 stablecoin teratas berdasarkan kapitalisasi pasar. Sumber: CoinGecko

Dalam langkah strategis untuk meningkatkan utilitas dan adopsi PYUSD, PayPal mengumumkan integrasi PYUSD untuk pembiayaan transfer internasional melalui layanannya, Xoom. Inisiatif ini, yang ditujukan untuk pelanggan Amerika, bertujuan untuk mengurangi biaya dan meningkatkan kenyamanan untuk pembayaran lintas batas.

Integrasi ini memungkinkan pengguna untuk mengonversi PYUSD ke USD dengan lancar, memfasilitasi transaksi di 160 negara tanpa biaya tambahan. Fitur ini menempatkan PayPal dalam posisi yang menguntungkan dibandingkan dengan biaya global rata-rata yang lebih dari 6% untuk transaksi serupa. Integrasi ini tidak hanya meningkatkan visibilitas PYUSD tetapi juga menandai ambisi PayPal untuk menciptakan ceruk yang signifikan dalam domain stablecoin.

Kesimpulan dan Tantangan ke Depan

Meskipun strategi yang berorientasi ke depan, perjalanan PYUSD tidak tanpa tantangan. Kapitalisasi pasarnya dan volume perdagangan, meskipun terhormat, masih kalah jika dibandingkan dengan pemain mapan seperti USDT dan USDC. Lanskap ini semakin rumit dengan masuknya pesaing baru dan dinamika regulasi dan pasar yang berkembang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: