Rusia Siapkan Strategi AI untuk Melawan Dominasi Barat, Putin Kritik Standar AI Barat!

Rusia Siapkan Strategi AI untuk Melawan Dominasi Barat, Putin Kritik Standar AI Barat!

Presiden Rusia, Vladimir Putin, baru-baru ini mengumumkan strategi pengembangan kecerdasan buatan (AI) negaranya. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk melawan dominasi Barat dalam teknologi AI yang dianggap berbahaya. Putin juga mengecam standar AI Barat yang dinilainya merugikan budaya Rusia. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Putin: AI Barat Ancam Budaya Rusia

Putin mengecam model AI seperti ChatGPT OpenAI dan chatbot Google’s Bard yang menurutnya “membatalkan budaya Rusia”. Menurutnya, dominasi Barat dalam teknologi ini sangat berbahaya. “Inovasi kita harus didasarkan pada nilai-nilai tradisional kita [dan] kekayaan dan keindahan bahasa Rusia,” kata Putin.

Dia menambahkan bahwa model AI Barat seringkali mencerminkan norma etika dan kebijakan publik yang mungkin tidak sejalan dengan nilai-nilai Rusia. Putin juga menyoroti bahwa model AI yang dikembangkan di negara-negara berbahasa Inggris seringkali bias.

Sebagai contoh, sebuah studi menunjukkan bahwa detektor GPT sering mengklasifikasikan tulisan asli penutur non-Inggris sebagai hasil generasi AI. Hal ini menunjukkan bahwa AI yang dikembangkan di Barat mungkin tidak cocok untuk digunakan dalam bahasa lain.

Baca Juga: Rusia Siap Uji Coba Rubel Digital, Langkah Strategis di Tengah Krisis Ekonomi!

Rusia Tingkatkan Investasi dalam Pengembangan AI

rusia dan ai
Sumber: Coinmarketcap

Dalam konferensi AI di Moskow, Putin mengumumkan bahwa investasi Rusia dalam pengembangan AI akan ditingkatkan di semua sektor. Sebagai contoh, Putin menyebut Gazprom Neft, salah satu produsen minyak terbesar di Rusia, yang menggunakan AI untuk mengurangi biaya pengembangan sumur minyak dan menangani masalah keselamatan logistik yang rumit.

Putin juga menyerukan peningkatan kekuatan superkomputasi Rusia dan peningkatan program pendidikan AI tingkat atas. “Model AI domestik kita harus mencerminkan seluruh kekayaan dan keragaman budaya dunia, warisan, pengetahuan, dan kebijaksanaan semua peradaban,” kata Putin.

Baca Juga: Federasi Rusia Beberkan Rencana Legalisasi Penambangan Crypto pada tahun 2024

Langkah Strategis Putin: Melawan Monopoli Barat di Sektor AI

Putin menekankan pentingnya solusi Rusia dalam pengembangan AI. Dia berpendapat bahwa dominasi monopoli AI Barat di Rusia tidak hanya tidak dapat diterima, tetapi juga menimbulkan risiko signifikan. Putin juga mengungkapkan kekhawatirannya tentang dampak algoritma yang dikembangkan oleh Barat, yang bisa mengancam eksistensi Rusia dan budayanya.

Putin berkomitmen untuk mendorong kemajuan teknologi di Rusia. Dia berharap bahwa dengan peningkatan investasi dan penelitian dalam AI, Rusia akan dapat mengembangkan model AI sendiri yang mencerminkan nilai-nilai dan budaya Rusia, dan tidak lagi bergantung pada teknologi Barat.

Dengan strategi pengembangan AI ini, Rusia berharap dapat melawan dominasi Barat dalam teknologi ini. Langkah ini juga diharapkan dapat mendorong inovasi dan kemajuan teknologi di Rusia, serta melindungi budaya dan nilai-nilai Rusia dari pengaruh negatif teknologi Barat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: