Putin Ungkap Masa Depan Sistem Keuangan Barat: Akankah Berakhir?

Putin Ungkap Masa Depan Sistem Keuangan Barat: Akankah Berakhir?

Dalam sebuah konferensi keuangan yang baru-baru ini digelar, Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan bahwa sistem keuangan Barat saat ini sudah ketinggalan zaman. Putin menegaskan bahwa Rusia telah menunjukkan ketahanannya dalam menghadapi sanksi Barat, termasuk pemutusan akses dari sistem pembayaran SWIFT. Ia juga memprediksi bahwa dalam beberapa tahun mendatang, dominasi bank-bank besar Barat akan berakhir, digantikan oleh revolusi teknologi yang sedang berkembang. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Rusia Hadapi Sanksi dengan Ketangguhan

Putin menekankan bahwa Rusia telah berhasil melewati berbagai tantangan yang dihadapi akibat sanksi ekonomi dari Barat. Sanksi tersebut termasuk pemutusan hubungan dengan sistem pembayaran internasional SWIFT, yang merupakan pukulan bagi transaksi keuangan Rusia. Namun, Rusia menunjukkan ketangguhan dengan mencari alternatif dan memperkuat sistem keuangan domestiknya.

Meskipun terisolasi dari beberapa aspek sistem keuangan global, Rusia terus berupaya memperkuat ekonominya. Putin menyatakan bahwa negaranya telah mengambil langkah-langkah strategis untuk mengurangi ketergantungan pada sistem keuangan Barat. Ini termasuk pengembangan infrastruktur pembayaran sendiri dan peningkatan kerjasama dengan negara-negara lain yang juga merasa terpinggirkan oleh sistem yang ada.

Baca Juga: Rusia Siapkan Strategi AI untuk Melawan Dominasi Barat, Putin Kritik Standar AI Barat!

Revolusi Teknologi Mengancam Dominasi Bank Barat

Presiden Rusia itu juga menyoroti bahwa revolusi teknologi, termasuk kemunculan mata uang crypto, akan mengubah peta kekuatan dalam sistem keuangan global. Putin percaya bahwa teknologi baru ini akan memberikan alternatif bagi negara-negara dan perusahaan untuk melakukan transaksi tanpa bergantung pada bank-bank besar Barat yang selama ini mendominasi.

Lebih lanjut, Putin mengatakan bahwa inovasi dalam teknologi keuangan, atau fintech, akan memungkinkan transaksi yang lebih cepat, lebih aman, dan lebih efisien. Ini akan mengurangi biaya transaksi dan membuka peluang bagi pemain baru di pasar keuangan. Dengan demikian, hegemoni bank-bank besar yang selama ini dipegang oleh Barat akan tergerus seiring waktu.

Dengan keyakinan yang kuat, Putin menutup konferensi dengan menyatakan bahwa masa depan sistem keuangan global sedang berada di ambang perubahan besar. Rusia, menurutnya, akan terus beradaptasi dan mungkin menjadi salah satu pemimpin dalam transisi menuju sistem keuangan yang lebih modern dan inklusif. Perubahan ini, sebagaimana diprediksi oleh Putin, akan membawa dampak signifikan terhadap tatanan ekonomi dunia saat ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: