Putin Membongkar Rahasia: Akhir Dolar AS Sudah Dekat! Mata Uang Digital Punya Potensi Besar?

Putin Membongkar Rahasia: Akhir Dolar AS Sudah Dekat! Mata Uang Digital Punya Potensi Besar?

Presiden Rusia, Vladimir Putin, memberikan tanggapan terhadap pertanyaan-pertanyaan mengenai de-dolarisasi dan kemungkinan dolar AS kehilangan dominasinya dalam sesi pleno di St. Petersburg International Economic Forum (SPIEF).

Putin ditanyai apakah tuduhan bahwa ia menggunakan konflik Rusia dengan AS untuk mempercepat proses de-dolarisasi adalah benar, dan jika iya, apa konsekuensinya bagi dirinya jika dolar AS kehilangan hegemoni dalam sistem keuangan internasional. Presiden Rusia menjawab:

“Pertama-tama, saya ingin mengatakan … kami tidak pernah memiliki tujuan untuk de-dolarisasi ekonomi Rusia. Dan, tidak pernah ada tujuan untuk de-dolarisasi atau mempengaruhi de-dolarisasi ekonomi dunia.”

Pada kesempatan itu, Putin juga menekankan bahwa “pengaruh satu mata uang atau mata uang lainnya terhadap ekonomi dunia terkait langsung dengan potensi ekonomi negara yang menjadi penerbit mata uang tersebut.”

Potensi Ekonomi AS dan Cina

Namun, Putin menegaskan bahwa ekonomi AS “sekarang kalah dibandingkan dengan ekonomi Tiongkok dalam hal daya beli,” menyatakan bahwa “ekonomi Tiongkok telah melampaui ekonomi Amerika dalam hal volume.”

Baca Juga: Rusia Menyetujui Penggunaan Crypto untuk Pembayaran Lintas Batas

Namun demikian, Putin mencatat bahwa AS masih memiliki “ekonomi yang besar,” menekankan:

“Ini adalah jasa nyata dari rakyat Amerika yang berbakat dan mampu, tidak ada yang meragukannya. Hanya saja, kepemimpinan politik saat ini menyalahgunakan kepercayaan rakyat Amerika.”

Pengaruh Politik AS terhadap Dolar

Hampir 50% Gen Z dan Milenial Inginkan Crypto Sebagai Dana Pensiun
freepik.com

Putin juga membahas pemerintah AS yang menggunakan dolar sebagai alat perjuangan bersenjata dan konsekuensi potensial dari kehilangan dominasi dolar tersebut. Putin mengungkapkan:

“Dengan menggunakan dolar sebagai instrumen perjuangan bersenjata, dan tidak ada cara lain untuk mengatakannya, mereka meragukan keandalan mata uang Amerika baik sebagai alat penyelesaian dalam perdagangan dunia maupun sebagai sarana akumulasi, sarana cadangan.”

Baca Juga: Ini Alasan Rusia Buru-Buru Adopsi CBDC di Tengah Hukuman Perang

Putin juga menjelaskan bahwa cadangan mata uang negara-negara besar di dunia dalam dolar “menurun dari tahun ke tahun,” dan bahwa penyelesaian dalam dolar juga mengalami penurunan, sementara penyelesaian dalam mata uang nasional meningkat, seperti yuan dan beberapa mata uang lainnya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: