Perangi Kriminalitas, Kepolisian Calgary dan Chainalysis Luncurkan Pusat Investigasi Cryptocurrency!

Perangi Kriminalitas, Kepolisian Calgary dan Chainalysis Luncurkan Pusat Investigasi Cryptocurrency!

Dilansir dari Cointelegraph, Pusat Investigasi Cryptocurrency Kanada Barat atau Western Canada Cryptocurrency Investigations Centre secara resmi diluncurkan pada tanggal 12 April 2023. Ini adalah gugus tugas gabungan dengan penyelidik dari Departemen Kepolisian Calgary dan analisis dari perusahaan data blockchain Chainalysis.

Apa saja yang dilakukan oleh Pusat Investigasi Cryptocurrency tersebut? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Seperti Apa Kemitraan Departemen Kepolisian Calgary dan Chainalysis?

Dilansir dari blog Chainalysis, salah satu pendiri dan kepala strategi Chainalysis, Jonathan Levin, mengatakan bahwa, “Demonstrasi kemitraan publik-swasta untuk memecahkan masalah-masalah baru dalam layanan keuangan adalah model yang dapat dipelajari oleh seluruh dunia.”

pusat investagasi cryptocurrency calgary
Sumber: Akun Twitter Chainalysis

Pusat baru ini akan memperluas upaya untuk mengatasi kejahatan terkait cryptocurrency yang semakin meluas di Kanada Barat.

Menurut Chainalysis, Kanada telah melihat peningkatan besar dalam tingkat adopsi cryptocurrency.

Sesuai dengan posting blog perusahaan, ketika melihat keterlibatan Kanada dengan ATM crypto, decentralized exchanges, dan centralized exchanges, terbukti bahwa Kanada telah mengalami peningkatan hampir 213% sejak 2019 pada Januari 2023, dengan tingkat puncak adopsi sekitar 865% lebih besar dari Maret 2019 di bulan Mei 2021, yang sebagian besar didorong oleh minat pada DeFi.”

Baca Juga: Cegah Tindakan Kriminal, Polisi Internasional Pelajari Kejahatan di Metaverse

Program Pelatihan Penyelidikan

Dilansir dari Cointelegraph, Departemen Kepolisian Calgary berencana untuk menerapkan keahlian sektor swasta dari Chainalysis untuk menambah program pelatihan penyelidiknya dan untuk memberikan dukungan kasus sepanjang waktu kepada para petugas.

Pihak kepolisian mengungkapkan bahwa banyak kejahatan yang berkaitan dengan aset digital yang tidak dilaporkan, sebagian karena kompleksitas kejahatan dan keterbatasan investigasi polisi. Pusat pelatihan yang dibangun dimaksudkan untuk membantu menjembatani kesenjangan tersebut.

Langkah selanjutnya akan melibatkan perluasan program untuk melayani lebih banyak lembaga penegak hukum di Kanada Barat.

Perusahaan bermaksud untuk pada akhirnya meningkatkan konsep ini secara global, bekerja sama dengan personel penegak hukum di seluruh dunia untuk menawarkan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing wilayah yang dihadapi.

Referensi: