Cara Cerdas Kenali Modus Penipuan Pump and Dump di Pasar Crypto

Array

Cara Cerdas Kenali Modus Penipuan Pump and Dump di Pasar Crypto

Jakarta, Pintu News – Pasar crypto memang menarik banyak investor, baik individu maupun institusi. Namun, hal ini juga mengundang para penipu yang ingin memanfaatkan peluang menggiurkan dan minimnya regulasi crypto.

Tapi tidak semua penipuan itu sama; beberapa menunjukkan tipu daya mereka secara terang-terangan, sementara yang lain memainkan permainan manipulasi yang lebih halus.

Mengenal Pump and Dump di Pasar Crypto

Pump and dump adalah skema manipulasi pasar di mana pelaku menciptakan atau memperoleh sejumlah besar altcoin, mempromosikannya untuk menaikkan harga token secara curang (pump), dan kemudian menguangkannya dengan menjual (dump) kepada investor crypto yang tidak curiga.

Baca Juga: Tether, Bitcoin, dan Meme Coin Merajai Pasar Crypto Indonesia: Tren dan Tantangan 2024

Pump and Dump: Penjelasan

Economical stock market graph

Skema pump and dump bukan hanya terjadi di crypto—skema ini memiliki akar di keuangan tradisional sejak era South Sea Bubble di awal abad ke-18. Bahkan raja Inggris Raya, George I, membeli saham South Sea Company selama masa pump. Ketika perusahaan itu bangkrut pada tahun 1720, Isaac Newton, Royal Society, dan banyak investor, kaya dan miskin, menjadi korbannya.

Cara Mengenali Pump and Dump: Tanda Bahaya Utama

Sekarang, mari kita bahas tentang bagaimana investor dapat menemukan tanda bahaya yang menjadi ciri khas operasi pump and dump. Investor tidak memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam untuk melihat tanda-tanda tersebut, cukup kewaspadaan. Dan, tentu saja, perlu diingat bahwa jika peluang investasi terlihat terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, itu mungkin penipuan.

Skema pump and dump di pasar saham adalah ilegal di beberapa bagian dunia, termasuk AS dan UE, di mana undang-undang sekuritas melarangnya. Namun, penipu crypto menggunakan anonimitas untuk menghindari pihak berwenang, dan crypto masih berada di area abu-abu regulasi di sebagian besar dunia.

Menghindari Pump and Dump: Hanya Satu Cara untuk Tetap Aman

Skema pump and dump bukanlah hal baru, tetapi dengan menggunakan teknologi baru, skema ini menjadi lebih pintar dan tidak mudah dideteksi. Menggunakan keterampilan analitik baru investor, dan tetap mengikuti perkembangan penipuan terbaru dapat membantu investor menghindarinya, tetapi itu bukan satu-satunya hal yang dapat investor lakukan.

Penutup

Pasar crypto memang menjanjikan, tetapi juga penuh dengan risiko. Skema pump and dump hanyalah salah satu dari banyak cara penipu mencoba mengambil keuntungan dari investor yang tidak waspada. Dengan memahami cara kerja skema ini dan tanda bahaya yang harus diwaspadai, investor dapat melindungi diri dari kerugian finansial dan menjaga investasi tetap aman.

Baca Juga: Keren! Token MOTHER Iggy Azalea Kini Bisa Digunakan untuk Beli HP dan Paket Seluler

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi

Array