Piala Dunia FIFA 2022 Sudah Dimulai, Jangan Lewatkan Proyek Web3 Bertema FIFA Ini!

Piala Dunia FIFA 2022 Sudah Dimulai, Jangan Lewatkan Proyek Web3 Bertema FIFA Ini!

Akhirnya, Piala Dunia FIFA 2022 sudah dimulai. Tahun ini, Piala Dunia FIFA 2022 diselenggarakan di Qatar yang dimulai pada tanggal 20 November – 18 Desember 2022. Ada 32 tim dari 32 negara berbeda yang bersaing untuk memperebutkan trophy Piala Dunia FIFA.

Dilansir dari Crypto TV Plus, salah satu hal yang membuat Piala Dunia tahun ini lebih menarik adalah beberapa kolaborasi yang dilakukannya dengan industri crypto, yakni proyek Web3 dan NFT. Salah satu proyek yang sempat ramai diperbincangkan adalah peluncuran NFT FIFA. FIFA meluncurkan NFT ‘FIFA + Collect’ yang didukung oleh Algorand Blockchain pada akhir September 2022. Koleksi NFT tersebut tersedia di platform Digital FIFA+, dan bisa diakses di web dan perangkat seluler dengan 3 edisi bahasa (Inggris, Prancis, Spanyol).

Namun, tak hanya itu saja proyek yang dijalankan FIFA, ada beberapa proyek Web3 lain yang juga sedang dijalankan. Penasaran apa saja proyek tersebut? Simak berita lengkapnya berikut ini!

1. FIFA World Cup AI League

FIFA World Cup AI League
Sumber: PR Newswire

Di proyek FIFA World Cup AI League, FIFA berkolaborasi dengan Altered State Machine (ASM). ASM merupakan sebuah proyek yang dibangun di atas protokol terdesentralisasi dimana para pengguna dapat memiliki, membuat, dan memperdagangkan Non-Fungible Intelligence (NFI) pertama di dunia. Proyek ini didukung oleh AI dan blockchain, token ASTO.

Proyek ini menawarkan pengalaman bermain game AI yang dimulai dengan permainan prediksi yang dapat dimainkan selama Piala Dunia berlangsung. Selain itu, ada beberapa hadiah yang ditawarkan dalam game salah satunya Adidas gift cards. Setelah Piala Dunia selesai, para pemain game metaverse ini masih bisa dan memperdagangkan NFI yang dimiliki. Platform ini dapat diakses di laman https://fifaworldcupaileague.com/.

Baca Juga: Jelang Piala Dunia FIFA 2022, Visa Luncurkan Lelang NFT ‘Visa Masters of Movement’

2. FIFA Plus Collect

FIFA Plus Collect
Sumber = FIFA

FIFA Plus Collect merupakan one-stop shop yang menyediakan semua koleksi digital yang menampilkan momen-momen ikonik dari sejarah FIFA. Dengan proyek ini, FIFA memungkinkan para penggemar untuk mengumpulkan potongan-potongan sejarah sepak bola FIFA yang di blockchain. Platform ini dibangun dan didukung oleh Algorand Network.

Dengan FIFA plus, pengguna dapat mengumpulkan dan memiliki koleksi digital berlisensi resmi dari sejarah legendaris FIFA selama 92 tahun yang dapat mereka pamerkan, perdagangkan, dan gunakan untuk mendapatkan hadiah eksklusif. Para pengguna nantinya wajib menghubungkan informasi wallet ke platform ketika mendaftar. Platform ini dapat diakses di laman https://collect.fifa.com/.

Baca Juga: Unjuk Nasionalisme, Dukung Negara Kamu di Piala Dunia FIFA 2022 Lewat Metaverse!

3. Upland Metaverse

Upland Metaverse
Sumber : NFTEvening

Pada 8 November dalam blog resminya, Upland umumkan berkolaborasinya dengan FIFA untuk meluncurkan Upland Metaverse. Proyek Upland Metaverse ini memungkinkan pengguna untuk menyoroti dan memiliki koleksi dari berbagai momen piala Dunia yang sedang berlangsung.

Upland menawarkan Collectible Bundles, yang berguna untuk membantu para pengguna mendapatkan hadiah. Caranya, para pengguna harus menyelesaikan album koleksi dengan item dari bundles tersebut. Akan ada hadiah yang diberikan kepada pengguna yang brentung dan sudah menyelesaikan album koleksi.

Beberapa hadiah yang bisa diperebutkan termasuk UPX, Spark, properti di World Cup Village, FIFA World CupTM Outdoor Decor Trophy eksklusif, serta mobil dan properti virtual di metaverse Upland. Platform ini juga berfungsi sebagai market, dimana pengguna dapat memperdagangkan Mementos, termasuk video Spotlight dari highlight pertandingan dari turnamen tahun ini.

Selain itu, bagi para pengguna yang mengunjungi Qatar Upland untuk Piala Dunia, bisa membeli ‘tiket penerbangan’ terlebih dahulu seharga $5 atau setara dengan Rp78.180 (kurs $1 = Rp.15.636). Upland Metaverse ini bisa diakses di laman https://www.upland.me/fifa.

Referensi: