Singapura Memperkenalkan 5 Pilot Baru untuk Menguji Tokenisasi Aset

author:

Array

Singapura Memperkenalkan 5 Pilot Baru untuk Menguji Tokenisasi Aset

Bank Sentral Singapura, Monetary Authority of Singapore (MAS), baru-baru ini memperkenalkan lima proyek uji coba baru dalam kerangka Project Guardian. Proyek ini bertujuan untuk menguji berbagai kasus penggunaan tokenisasi aset dengan melibatkan 17 institusi keuangan ternama.

Lalu, apa saja yang perlu kamu ketahui tentang proyek ini?

Proyek Uji Coba Tokenisasi Aset

Project Guardian adalah inisiatif kolaboratif yang dipimpin oleh bank sentral Singapura. Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan infrastruktur keuangan baru dengan menggunakan elemen keuangan terdesentralisasi atau crypto.

anggota proyek guardian
Anggota Project Guardian – Sumber:  mas.gov.sg

Dalam proyek ini, lima proyek uji coba baru telah diperkenalkan untuk menguji berbagai kasus penggunaan tokenisasi aset. Dari 17 institusi keuangan yang menjadi anggota Project Guardian, Citi, T. Rowe Price dan Fidelity International sedang menguji mekanisme perdagangan aset digital bilateral.

Baca juga: Standard Chartered Luncurkan Platform Tokenisasi Baru Bernama Libeara!

Mereka juga mengeksplorasi pelaporan dan analitik pasca perdagangan aset digital secara real-time. Sementara itu, Ant Group sedang menguji kemampuan solusi manajemen treasury untuk meningkatkan manajemen pendanaan likuiditas secara global.

Peran Institusi Keuangan Lainnya

Selain itu, BNY Mellon dan OCBC juga berperan dalam proyek ini dengan menguji solusi pembayaran valuta asing lintas batas untuk pembayaran di jaringan yang berbeda. Franklin Templeton sedang menguji penerbitan dana pasar uang yang ditokenisasi melalui struktur perusahaan modal variabel (VCC).

JPMorgan dan Apollo juga berkolaborasi dalam proyek ini untuk mengatasi proses manual yang memakan waktu dalam pelayanan aset menggunakan aset digital. Selain itu, MAS juga meluncurkan Global Layer One untuk mengeksplorasi desain infrastruktur digital terbuka yang akan menjadi tuan rumah aset keuangan yang ditokenisasi dan aplikasi.

Dengan adanya proyek ini, diharapkan dapat mengembangkan kemampuan dasar untuk memperluas pasar yang ditokenisasi.

Selain itu, proyek ini juga diharapkan dapat menjadi kerangka kerja umum untuk pertukaran aset digital di antara jaringan independen di antara institusi keuangan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Array