Dalam Rangka Dukung Kesehatan Mental, Proyek NFT JOMO Effect Diluncurkan pada 10 Mei 2023!

Dalam Rangka Dukung Kesehatan Mental, Proyek NFT JOMO Effect Diluncurkan pada 10 Mei 2023!

NFT (Non-fungible token) telah menjadi fenomena global dalam beberapa tahun terakhir, dan kini seni digital ini digunakan untuk mendukung kesehatan mental.

Dalam rangka merayakan Mental Health Awareness Month, Seva Love, Time Pieces, dan Peace Inside Live meluncurkan proyek NFT bertema “Joy of Missing Out” (JOMO) yang bertujuan untuk mendukung kesadaran dan kesehatan mental melalui seni digital.

Penasaran seperti apa proyek NFT JOMO? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Bagaimana Latar Belakang Proyek JOMO?

latar belakang proyek jomo
Sumber: Akun Twitter Deepak Chopra

Proyek JOMO adalah inisiatif yang diilhami oleh konsep “Joy of Missing Out,” yang merupakan antitesis dari istilah populer “Fear of Missing Out” (FOMO). JOMO adalah perasaan bahagia karena tidak terlibat dalam aktivitas yang menimbulkan stres atau kecemasan, dan lebih memilih untuk fokus pada kesejahteraan diri sendiri.

Melalui proyek NFT ini, Magic Eden ingin mengeksplorasi bagaimana seni digital dapat membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental dan mendorong orang untuk merayakan momen ketika mereka memilih untuk tidak terlibat dalam sesuatu yang tidak sehat bagi diri mereka.

Proyek ini melibatkan kolaborasi antara berbagai seniman, yang masing-masing menciptakan karya seni digital yang unik untuk menggambarkan konsep JOMO yang akan diluncurkan pada tanggal 10 Mei 2023.

40 karya seni digital NFT yang dihasilkan akan dijual melalui platform Magic Eden, dengan sebagian pendapatan disumbangkan ke organisasi amal yang mendukung kesehatan mental.

Baca Juga: Siapkan Rp1,1 Triliun untuk Dukung Adopsi Massal Web3, Perusahaan Ini Optimis Terhadap Web3!

Magic Eden dan Peluncuran Proyek JOMO

Magic Eden merupakan platform NFT yang populer di mana pengguna dapat membeli, menjual, dan menukar NFT dari berbagai seniman dan koleksi. Platform ini telah menjadi tempat berkumpulnya komunitas kreatif dan kolektor NFT dari seluruh dunia.

Sebagai bagian dari proyek NFT JOMO ini, Magic Eden berharap untuk menginspirasi individu di seluruh dunia untuk merayakan JOMO dan memprioritaskan kesejahteraan mental mereka. Selain itu, platform ini juga berharap untuk mengumpulkan dana bagi organisasi amal yang mendukung kesehatan mental melalui penjualan NFT.

Mencetak JOMO Effect NFT akan dikenakan biaya 24 MATIC (sekitar $23 atau setara dengan Rp338.491) dalam penjualan publik, dan hasil penjualan akan diberikan kepada 5 badan amal kesehatan mental: Aakoma Project, Half The Story, The MINDS Foundation, LOVELOUD Foundation, dan American Foundation for Suicide Prevention.

Baca Juga: Cara Unik Amerika Serikat, Penggalangan Dana Pemilu Bisa Pakai NFT!

Dampak Positif Proyek JOMO pada Kesehatan Mental

Proyek JOMO diharapkan dapat membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental dan mengurangi stigma yang seringkali menyertainya.

Dengan mempromosikan konsep JOMO melalui seni digital, individu di seluruh dunia dapat merasakan manfaat dari mengutamakan kesejahteraan mereka sendiri dan melawan tekanan untuk selalu terlibat dalam aktivitas yang menimbulkan stres atau kecemasan.

Selain itu, proyek JOMO juga dapat menjadi contoh bagaimana teknologi blockchain dan NFT dapat digunakan untuk tujuan yang lebih mulia dan bermanfaat bagi masyarakat. Dengan memanfaatkan popularitas NFT, proyek ini menunjukkan bagaimana seni digital dapat digunakan untuk menginspirasi perubahan positif dan mendukung kesejahteraan individu di seluruh dunia.

Referensi: