Disebut ‘Solana-Killer’, Ini 5 Proyek NFT Aptos dan Prospek Marketnya!

Disebut ‘Solana-Killer’, Ini 5 Proyek NFT Aptos dan Prospek Marketnya!

Aptos adalah blockchain layer-1 dengan konsensus Proof-of-Stake (PoS) yang dirancang agar dapat diskalakan, aman, dan cepat dengan memproses semua transaksi secara bersamaan, dan setelah itu divalidasi. Meski baru dirilis beberapa minggu lalu, proyek ini tengah menarik perhatian luas karena platform NFT-nya telah berhasil mencetak volume perdagangan $1,8 juta hanya dalam kurun waktu 5 hari. Lalu, apa saja proyek NFT Aptos dan bagaimana prospek market Aptos untuk kedepannya? Simak selengkapnya berikut ini!

5 Proyek NFT di Ekosistem Aptos

Berikut ini adalah lima proyek NFT yang ada di ekosistem Aptos:

1. Postman DAO

Postman DAO
(Sumber = Akun Twitter @PostmanDAO)

Postman DAO dirancang dengan ide Aptos Postal Service di mana NFT digunakan untuk memberikan ketertarikan kepada semua holder NFT Postman. Selain NFT, para holder juga bisa mendapatkan Token $Mark. Total supply yang dimiliki adalah 10.000 NFT Postman.

2. Rekt Dogs

Rekt Dogs NFT
(Sumber = Akun Twitter @rektdogs)

Rekt Dogs merupakan salah satu proyek NFT pertama yang dirancang di blockchain Aptos. Proyek NFT yang satu ini merupakan salah satu proyek NFT yang memiliki banyak penggemar dengan lebih dari 44.000 pengikut di Twitter dan lebih dari 43.000 anggota di saluran Discord-nya. Dilansir dari Crypto TV Plus, total pasokan NFT Rekt Dogs mencapai sekitar 6666.

Berbicara tentang NFT pertama, ini NFT pertama di dunia yang pernah ada dan dibuat pada tahun 2014 lalu.

3. Aptos Human Club

Aptos Human Club NFT
(Sumber = Akun Twitter @AptosHumanClub)

Koleksi Aptos Human Club terdiri dari 7777 NFT di Aptos Blockchain. NFT tersebut telah melalui pencetakan testnet di jaringan Aptos, dan hal itu memberikan para holder whitelist untuk dicetak di mainnet.

NFT Aptos Human Club juga menawarkan token $HMN sebagai hadiah kepada holder yang melakukan staking NFT mereka. Aptos juga menyampaikan bahwa mereka ada rencana untuk memiliki Human Club marketplace, launchpad, dan game.

Baca juga: Apa itu Staking dan Bagaimana Cara Mendapatkan Passive Income dari Aktivitas Tersebut?

4. The Uglies

The Uglies NFT
(Sumber = Akun Twitter @Ugliesonaptos)

NFT The Uglies adalah kumpulan non-fungible token yang ‘berpenampilan kelinci’ di blockchain Aptos. Tim Aptos memutuskan untuk menambah brankas untuk The Uglies DAO, yang mana 40% royaltinya akan digunakan.

Komunitas Aptos juga akan memutuskan bagaimana dana tersebut akan digunakan untuk mengembangkan ekosistem Aptos kedepannya. Saat ini, proyek NFT The Uglies dari Aptos memiliki lebih dari 16.000 followers di Twitter dan 9.000 anggota komunitas Discord. Hingga saat ini, tanggal peluncuran NFT The Uglies masih belum diumumkan.

5. Insilva

Insilva NFT
(Sumber = Akun Twitter @InSilvaNFT)

NFT Insilva termasuk salah satu proyek NFT unik yang mampu menjembatani dunia maya dengan dunia fisik. Oleh karena itu, pemegang NFT memiliki akses ke pakaian fisik. Saat ini, NFT Insilva memiliki lebih dari 15.000 followers di Twitter dan 8.000 anggota di Discord.

Tak hanya 5 proyek NFT itu saja yang sedang dijalankan oleh blockchain Aptos, ada beberapa proyek NFT lain yang juga bisa diperdagangkan yakni termasuk Aptos Punks, Aptos Ant Club, Aptoads, Unicornses, Aptos Chads, Aptos Alpha Alpacas, Bruh Bears, Aptos Drippy Dragons, Womxn of Aptos NFT, Aptos Ape Society, Aptos Bulls, Aptoast, Heroes of Aptos , Aptos Aliens, Aptos Koala, dan Aptos Robots.

Baca juga: 25 NFT Termahal di Dunia, Harganya Miliaran?

Prospek Market Aptos Kedepannya

Topaz NFT Aptos Marketplace
(Sumber = Akun Twitter @AptosSonar)

Di berbagai media sosial, Aptos disebut-sebut sebagai ‘Solana-killer’. Sebagai contoh, di marketplace NFT Aptos, Topaz, telah mengumpulkan volume perdagangan senilai $5,46 juta ($1 kurs = Rp15.560) sejak debutnya pada 18 Oktober 2022 lalu.

NFT terlaris di Topaz bahkan memiliki volume perdagangan lebih dari $2,3 juta. Di sisi lain, koleksi NFT terlaris di OpenSea saat ini adalah CryptoPunks, yang telah menghasilkan sekitar $800.000 dalam 24 jam terakhir.

Dilansir dari crypto news flash, jaringan Aptos dianggap siap bersaing dengan blockchain layer-1 teratas seperti Ethereum dan Binance Smart Chain. Alasannya adalah karena jaringan Aptos juga memiliki banyak dana, developer yang berpengalaman, dan juga mendapatkan dukungan dari pemerintah.

Belakangan ini, memang semakin banyak orang yang tertarik dengan NFT, baik sebagai investor maupun kreator. Sebelumnya, Koleksi NFT dari aktor ternama Anthony Hopkins bahkan terjual hanya dalam hitungan menit di OpenSea.

Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: