Proyek Mata Uang Digital Hong Kong Memasuki Tahap Kedua, Seperti Apa Detailnya?

author:

Proyek Mata Uang Digital Hong Kong Memasuki Tahap Kedua, Seperti Apa Detailnya?

Otoritas Moneter Hong Kong (HKMA) bersiap untuk memulai tahap kedua dari proyek mata uang digital Hong Kong Dollar mereka pada tahun depan. Fokus utama adalah eksplorasi aplikasi inovatif dan memperkuat kolaborasi di seluruh industri keuangan.

Tahap Kedua Dolar Digital Hong Kong

Berdasarkan fondasi yang telah dibangun dalam fase awal Program Pilot e-HKD, langkah berikutnya HKMA akan mengeksplorasi aplikasi nyata dari Dolar Digital Hong Kong, berusaha untuk mengintegrasikannya dalam kerangka ekonomi yang lebih luas. Seperti Inggris atau negara dan wilayah maju lainnya, Hong Kong masih dalam tahap pengujian CBDC.

Baca juga: People’s Bank China Menguji Integrasi Pembayaran Yuan Digital di Hong Kong!

Nelson Chow, Kepala Fintech Officer HKMA, mengatakan,

“Hong Kong pasti tidak tertinggal; ia termasuk dalam kelompok terdepan yang melakukan penelitian. Program Pilot e-HKD memiliki nilai penelitian untuk bank sentral lainnya juga.”

Fase kedua yang diumumkan ini akan memprioritaskan penilaian dampak mata uang digital pada transaksi sehari-hari, sambil juga memanfaatkan kemitraan dengan lembaga perbankan dan perusahaan fintech untuk memperluas penggunaan dan penerimaannya secara praktis.

Menurut Chow, e-HKD dapat menambah nilai signifikan ke ekosistem pembayaran ritel, termasuk programmability, tokenization, dan penyelesaian instan, untuk memfasilitasi transaksi yang lebih cepat, lebih hemat biaya, dan inklusif, yang bermanfaat untuk aktivitas ekonomi dan keuangan baru, seperti transaksi Web3.

Jalur Hati-hati HKMA ke e-HKD

hong kong cbdc

Chow menambahkan bahwa program pilot terdiri dari tes skala kecil yang telah ditentukan sebelumnya. Sebelum implementasi skala besar dapat berlangsung, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah manfaat yang terkait ada.

Baca juga: Terobosan Baru, Visa Luncurkan Dolar Hong Kong Digital (e-HKD)!

Chow juga menegaskan bahwa meskipun fase kedua telah direncanakan, saat ini belum ada keputusan final tentang kapan e-HKD akan diluncurkan. Hasil dari fase pengujian dan kebutuhan pengembangan pasar lokal dan internasional akan dipertimbangkan untuk keputusan akhir.

Dengan memasuki tahap kedua, mata uang digital Hong Kong semakin menunjukkan potensinya dalam mengubah lanskap ekonomi dan keuangan. Namun, masih banyak tantangan dan pertanyaan yang harus dijawab sebelum mata uang ini siap untuk diluncurkan secara luas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: