Proyek Euro Digital ECB Melaju ke Tahap Berikutnya!

author:

Proyek Euro Digital ECB Melaju ke Tahap Berikutnya!

Bank Sentral Eropa (ECB) telah memindahkan proyek euro digitalnya ke tahap persiapan. Meski belum ada keputusan resmi untuk menerbitkan mata uang digital bank sentral (CBDC), langkah ini bisa menjadi jalan bagi “keputusan potensial di masa depan” untuk menerbitkannya.

Proyek Euro Digital ECB: Tahap Persiapan

Tahap persiapan proyek euro digital ECB ini dijadwalkan dimulai pada November 2023. Tahap ini akan berlangsung selama dua tahun dan akan digunakan untuk menyelesaikan aturan euro digital, memilih penyedia untuk mengembangkan platform CBDC, dan melakukan pengujian lebih lanjut.

Baca juga: ECB Ungkap Urgensi Euro Digital Setelah Peluncuran Stablecoin oleh PayPal

Setelah itu, dewan pengarah bank akan memutuskan apakah akan melanjutkan ke tahap berikutnya dari persiapan, untuk membuka jalan bagi kemungkinan penerbitan dan peluncuran euro digital di masa depan. Namun, perlu diingat bahwa langkah menuju tahap persiapan ini bukanlah keputusan untuk menerbitkan euro digital.

Keputusan tersebut “hanya akan dipertimbangkan oleh Dewan Pengarah setelah proses legislatif Uni Eropa selesai.”

Pada bulan Juni lalu, Komisi Eropa telah menerbitkan proposal legislatif untuk euro digital, namun itu hanya langkah pertama dari proses yang kompleks dan bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk diselesaikan.

Kritik dan Tantangan Euro Digital

prediksi altcoin
Sumber: Financial Times

Meski demikian, langkah ini tidak lepas dari kritik. Beberapa pihak berpendapat bahwa langkah ini mungkin terlalu dini, mengingat ECB “belum dapat menjelaskan dengan jelas nilai tambah dari euro digital,” kata Markus Ferber, anggota komite urusan ekonomi Parlemen Eropa dan skeptis terhadap CBDC.

Selain itu, pengenalan euro digital dapat memfasilitasi penarikan dana massal dari bank komersial saat terjadi krisis, sementara memberikan sedikit peningkatan dibandingkan dengan akun yang ada.

ECB berpendapat bahwa euro digital akan menciptakan persaingan di pasar pembayaran, yang didominasi oleh perusahaan kartu kredit AS.

Baca juga: Terungkap! Masa Depan DAO Terancam oleh Ketidakpastian Regulasi, Apa Kata ECB?

Arti Euro Digital bagi Masa Depan

Sebuah euro digital akan menjadi alat pembayaran elektronik yang tersedia untuk semua orang di area euro. Ini akan memberikan opsi kepada orang untuk menggunakan uang bank sentral dalam format digital, melengkapi uang kertas dan koin.

“Kita perlu mempersiapkan mata uang kita untuk masa depan, berdampingan dengan uang tunai fisik” sambil “tidak meninggalkan siapa pun.” kata presiden ECB Christine Lagarde

Dengan lebih dari 100 bank sentral di seluruh dunia, termasuk di China dan Jepang, sedang menjelajahi atau mempersiapkan untuk menerapkan mata uang digital seiring bertumbuhnya pembayaran elektronik, langkah ECB ini menjadi penting.

Meski masih banyak tantangan dan kritik, proyek euro digital ini menunjukkan bahwa dunia sedang bergerak menuju era baru dalam sistem pembayaran dan mata uang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: