5 Proyek DePIN Terpopuler di 2024

5 Proyek DePIN Terpopuler di 2024

DePIN (Decentralized Infrastructure Provider Networks) adalah jaringan penyedia infrastruktur terdesentralisasi yang memberikan layanan jaringan nirkabel langsung atau layanan yang memerlukan infrastruktur jaringan yang mendasarinya, dengan cara yang terdesentralisasi yang menghilangkan arsitektur berbasis server dan menciptakan insentif crypto bagi para penyedia layanan. 

DePIN akan menjadi tren utama di tahun 2024 dan akan membawa Web3 ke arus utama. Berikut adalah beberapa proyek DePIN teratas yang akan mengubah dunia:

MetaBlox: WiFi Roaming Gratis dan Aman di Seluruh Dunia

metabox crypto
Sumber: Yahoo Finance

MetaBlox DePIN menyediakan layanan WiFiroaming gratis dan aman kepada publik di seluruh dunia, sambil memberi penghargaan kepada tuan rumah jaringan dengan token MBLX masa depan.

Kamu dapat menggunakan layanan WiFi gratis dari MetaBlox di berbagai lokasi, seperti kafe, restoran, bandara, dan tempat umum lainnya. Kamu juga dapat menjadi tuan rumah jaringan MetaBlox dan mendapatkan token MBLX dengan berbagi koneksi internet kamu.

Baca Juga: Top 5 Centralized Exchange (CEX) Token di 2024

GhostDrive & Filecoin: Penyimpanan File Terdesentralisasi dengan Hadiah Crypto

GhostDrive telah membangun platform penyimpanan yang mudah digunakan di atas Filecoin DePIN, yang memungkinkan pemilik komputer menyewakan sebagian ruang disk mereka untuk mendapatkan cryptocurrency secara berkelanjutan.

Kamu dapat menggunakan GhostDrive untuk menyimpan file kamu dengan aman dan terdesentralisasi, dan kamu akan mendapatkan hadiah crypto untuk setiap gigabyte ruang penyimpanan yang kamu sewakan.

Hivemapper: Pemetaan Dunia Dinamis dengan Insentif Crypto

hivemapper adalah
Sumber: Token Metrics Research

Hivemapper adalah DePIN yang mengandalkan jaringan kamera dasbor yang datanya digunakan untuk membuat peta dunia yang dinamis. Kamu dapat memasang kamera dasbor di mobil kamu dan mulai merekam data perjalanan kamu.

Data ini akan digunakan untuk membuat peta dunia yang dinamis dan kamu akan mendapatkan token HONEY sebagai imbalannya.

Baca Juga: Top 5 Smart Contract Token di 2024

Planetwatch: Pemantauan Kualitas Udara dengan Insentif Crypto

Planetwatch adalah DePIN yang bertujuan untuk meningkatkan pemantauan kualitas udara dengan memberikan insentif crypto kepada warga negara biasa untuk merekam dan mengunggah data kualitas udara lokal.

Kamu dapat menggunakan perangkat pemantauan kualitas udara atau aplikasi smartphone untuk mengumpulkan data kualitas udara dan kamu akan mendapatkan token PLANETS sebagai imbalannya.

HealthBlocks: Aplikasi Kesehatan Web3 dengan Insentif Crypto

HealthBlocks adalah aplikasi Web3 yang masih dalam tahap Beta, yang membawa model DePIN ke bidang medis.

HealthBlocks memberi penghargaan kepada pengguna dengan crypto untuk membuat keputusan yang sehat dan berbagi data biometrik dengan para peneliti. Kamu dapat menggunakan HealthBlocks untuk melacak kesehatan kamu, membuat keputusan yang lebih baik, dan mendapatkan hadiah crypto.

Kesimpulan

DePIN adalah masa depan Web3 dan akan mengubah dunia dengan menyediakan layanan jaringan terdesentralisasi, penyimpanan file, pemetaan dunia, pemantauan kualitas udara, dan aplikasi kesehatan.

Proyek-proyek DePIN teratas yang dibahas dalam artikel ini semuanya membawa nilai blockchain ke industri baru, dengan hadiah crypto yang memberikan kekuatan pendorong di balik penyebarannya. Dari WiFi hingga perawatan kesehatan, DePIN memberikan kedaulatan data dan kepemilikan pengguna kepada masyarakat luas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi