Tim Pengembang Filecoin Protocol Labs Meluncurkan Program Venture Studio

Tim Pengembang Filecoin Protocol Labs Meluncurkan Program Venture Studio

Tim pengembang Filecoin mengumumkan peluncuran Protocol Labs Venture Studio (PL VS). Peluncuran PL VS ini merupakan inisiatif yang didedikasikan untuk mengembangkan dan memfasilitasi perusahaan rintisan yang sedang membangun teknologi inovatif dengan memanfaatkan Filecoin, IPFS, libp2p, Ethereum, dan berbagai teknologi lainnya dalam ekosistem PL. Startup-startup ini nantinya akan bergabung dalam jaringan inovasi Protocol Labs yang membangun jembatan ke sumber modal potensial, keahlian teknis, dan layanan asli web3 untuk mempercepat pengembangan dan pertumbuhan startup tersebut.

Startup pertama yang bergabung tengah mengerjakan skalabilitas blockchain (IPC), enkripsi randomness & timelock (drand), penyimpanan data berbasis blockchain (DeStor), komputasi di atas jaringan data (Lilypad), jaringan pengiriman konten (Saturn), dan banyak lagi.

600 Startup Telah Bergabung

Protocol Labs adalah jaringan inovasi yang menghubungkan lebih dari 600 startup teknologi, penyedia layanan, investasi, akselerator, yayasan, dan organisasi lainnya yang mengembangkan teknologi dan produk terobosan di garis depan komputasi: Web3, AI, AR, VR, BCI, perangkat keras, dan lainnya. Organisasi-organisasi ini berkolaborasi di seluruh jaringan untuk berbagi pengetahuan dan sumber daya, serta mempercepat proses R&D di berbagai bidang teknologi.

Seiring waktu, banyak startup yang memulai atau bergabung dengan jaringan Protocol Labs. Perusahaan seperti CoinList (2017), Pinata (2018), Skiff (2020), Cryptosat (2020), Huddle01 (2020), Privy (2021), Tephra Labs (2021), dan Number Zero (2022) adalah beberapa yang memulai di jaringan ini. Hingga nama-nama perusahaan seperti StarkWare, Zama, ConsenSys, Fleek, Golden, Gensyn, WeatherXM, Anjuna, dan Element juga bergabung ke dalam jaringan ini.

Penggunaan Filecoin

Filecoin, yang merupakan lapisan penyimpanan yang didorong insentif di atas Sistem File Antarplanet (IPFS), menyediakan layanan terbuka untuk alat penyimpanan data. Filecoin tumbuh menjadi jaringan penyimpanan terdesentralisasi terbesar di dunia, dengan kapasitas penyimpanan total 10 exbibytes (EiB) dan lebih dari 1,5 EiB data tersimpan.

PL VS mendukung bisnis baru yang membangun berdasarkan teknologi dan proyek dalam jaringan Protocol Labs. PL VS menggabungkan teknologi baru, tim pendiri luar biasa, riset pasar, desain produk, validasi pelanggan, modal, dan pemasaran.

Dalam dukungannya, PL VS mendukung berbagai peluang yang memanfaatkan fungsi Filecoin sebagai blockchain dan jaringan penyimpanan terdesentralisasi, termasuk proyek dalam Skalabilitas Blockchain, Penyimpanan Data Cloud, Jaringan Ketersediaan Data (DANs), Jaringan Pengiriman Konten (CDNs), dan Komputasi di Atas Jaringan Data (CoD).

Dengan semakin banyaknya dukungan dan kolaborasi dari berbagai pihak, masa depan teknologi berbasis Protocol Labs tampaknya akan semakin cerah dan berdampak besar pada perkembangan teknologi dunia.

Baca juga: VCCRI Pilih Filecoin untuk Penyimpanan Data Penelitian Terdesentralisasi

Referensi: