Prospek Pasar Crypto 2024: ETF dan Altcoin Mendominasi

Prospek Pasar Crypto 2024: ETF dan Altcoin Mendominasi

Tahun 2024 membuka lembaran baru bagi pasar crypto dengan peluncuran ETF Bitcoin spot yang disetujui oleh SEC. Kestabilan harga Bitcoin di kisaran $45.000-$47.000 tidak menghalangi altcoin untuk meroket, dengan Ethereum Classic (ETC) memimpin kenaikan. Apakah ini pertanda era keemasan baru bagi crypto? Mari kita selami lebih dalam!

ETF Bitcoin Membuka Jalan

etf ethereum spot lark davis
Sumber: Akun X Lark Davis

Persetujuan SEC terhadap ETF Bitcoin spot telah membuka pintu bagi altcoin untuk berkembang. Analis crypto Lark Davis memprediksi bahwa ETF Ethereum spot akan mendapat persetujuan pada Mei, yang akan menjadi tonggak penting bagi crypto kedua terbesar ini.

Sementara itu, Miles Jennings dari A16Z menilai bahwa persetujuan produk berjangka Ethereum oleh SEC menunjukkan pandangan positif terhadap Ethereum dan menghindari klasifikasi sebagai sekuritas.

Pengamat pasar Bloomberg, Eric Balchunas, memberikan peluang 70% untuk ETF Ethereum di bulan Mei. Hal ini menambah optimisme pasar dan mungkin akan memicu lonjakan harga altcoin lainnya. Apakah kamu siap untuk gelombang baru ini?

Baca Juga: Top 5 Dog-Themed Coins Berdasarkan Marketcap

Altcoin Bersiap Melesat?

Kemenangan Ripple dalam gugatan SEC telah membersihkan nama XRP dari status sekuritas, membuka kemungkinan untuk ETF XRP. Steve McClurg dari Valkyrie Funds memberikan sinyal tentang potensi ETF Ethereum atau XRP.

Dengan adanya perkembangan ini, analis memprediksi bahwa tahun 2024 akan menjadi tahun paling monumental bagi altcoin. Lark Davis bahkan menyebutnya sebagai “pesta altcoin terbesar yang pernah ada”.

Sejarah telah menunjukkan bahwa persetujuan produk berjangka BTC oleh SEC memicu reli spektakuler di altcoin, dengan kenaikan lebih dari 500%. Apakah sejarah akan terulang dan membawa Ethereum, XRP, dan altcoin lainnya ke puncak baru?

Baca Juga: 5 Top Token Gamefi Berdasarkan Kapitalisasi Pasar, SAND Salah Satunya?

Prospek Pasar Crypto di 2024

Todd Groth dari CoinDesk Indices menekankan bahwa 2024 akan menjadi tahun dimana pasar crypto semakin matang dengan fokus pada investor institusional. ETF Bitcoin spot yang diharapkan pada kuartal pertama 2024 akan menjadi saluran modal baru yang signifikan melalui produk yang diperdagangkan di bursa dan diatur.

Dengan AUM yang dikelola oleh RIAs mencapai sekitar $128 triliun pada 2022, alokasi 1-2% ke aset digital melalui produk ETF spot dapat membawa tambahan $1 hingga $2,5 triliun ke dalam ekosistem crypto. Ini akan memberikan dorongan jangka panjang bagi pasar yang belum sepenuhnya dihargai.

Kesimpulan

Kita telah meninggalkan musim dingin crypto dengan ekosistem yang lebih tangguh dari siklus sebelumnya. Dengan narasi yang lebih mendukung dan lebih luas, ini akan mendukung siklus pasar baru hingga jauh ke dalam tahun 2024. Apakah kamu sudah siap untuk menyaksikan revolusi crypto berikutnya?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: