Bear Market Berakhir? Inilah 5 Prospek Crypto 2023 Menurut Para Ahli

author:

Bear Market Berakhir? Inilah 5 Prospek Crypto 2023 Menurut Para Ahli

Tahun 2022 membawa cryptocurrency seperti wahana roller coaster yang menanjak naik dan menukik turun. Mulai dari kondisi bear market sampai dengan banyaknya negara yang mulai mengadopsi crypto melalui regulasi yang dibuat. Secara garis besar, hal-hal yang terjadi di 2022 membuat satu kesimpulan, yaitu segala kemungkinan bisa terjadi.

Meskipun masa depan tidak selalu pasti, tetapi memprediksi prospek crypto di tahun 2023 patut diperhitungkan. Berikut adalah 5 prospek crypto 2023 yang berpotensial terjadi. Penasaran? Baca sampai akhir!

Bear Market dan Crypto Winter Selesai di 2023?

Dilansir Decrypt (4/1/23), pada akhir musim gugur 2023, pasar crypto terlihat siap untuk pemulihan setelah berbulan-bulan mengalami keterpurukan tanpa henti. Pernyataan ini didukung oleh pasar saham yang mulai mengudara, melambatnya inflasi, dan ramalan optimis untuk tahun 2023.

Sumber: Ycharts

Menurut data di Ycharts, tingkat inflasi November 2022 adalah 7,1%, yang berarti dalam beberapa bulan terakhir, tingkat inflasi telah menurun. Meskipun angka ini masih tinggi dibandingkan beberapa tahun lalu sebelum 2022, penurunan tingkat inflasi ini merupakan tanda positif bagi tahun 2023, yang menjadikannya salah satu prospek crypto 2023.

Meski begitu, tak bisa dipungkiri bahwa 2022 menjadi tahun yang menjadi pukulan besar bagi sektor ini. Seperti yang sudah banyak diberitakan, salah satu institusi crypto yang paling menonjol meledak secara real time adalah keruntuhan dari pertukaran crypto FTX yang membuat harga crypto, seperti Bitcoin dan Ethereum anjlok sampai akhir November 2022.

Namun kini, menurut laporan Decrypt pada awal tahun 2023, harga crypto mulai berangsur-angsur pulih, walaupun penularan ketakutan yang dipicu oleh keruntuhan FTX terus menyebar.

Di sisi lain, menurut laporan Deston Nokes di Simplilearn (26/12/22), setelah bear market yang berkepanjangan pada tahun 2020, analis dan investor optimis bahwa pasar crypto akan reli pada tahun 2023. Prospek positif ini didukung oleh fakta bahwa industri crypto telah berhasil melewati badai dan menunjukkan tanda-tanda pemulihan bahkan pada masa-masa sulit.

Dengan demikian, investor dan trader dapat menantikan peningkatan kinerja di tahun mendatang, yang dapat menghasilkan pengembalian yang lebih tinggi dan peningkatan likuiditas. Selain itu, lebih banyak bisnis kemungkinan akan bergabung dengan ekosistem crypto pada tahun 2023, mendorong adopsi mata uang virtual dan teknologi blockchain lebih jauh.

Baca juga: 4 Tokoh Terkenal Prediksi Harga Bitcoin 2023-2025: Bisa Capai $250.000?

Regulasi Crypto yang Lebih Solid di 2023?

regulasi Crypto di 2023

Menurut laporan Simplilearn, pemberian kejelasan peraturan Ethereum diharapkan akan jadi salah satu prospek cyrpto 2023 yang berpotensi untuk terjadi. Jika terjadi, hal ini dapat mendorong lebih banyak orang untuk berinvestasi dalam proyek tersebut. Dengan kejelasan ini, Ethereum dapat diterima lebih luas sebagai aset yang berharga. Tak hanya itu, jika hal ini terjadi, maka akan lebih banyak peluang bagi pengembang dan investor menciptakan jaringan yang lebih luas dan aman. Meski proyek ini masih dalam tahap awal, namun manfaat potensial dari kerangka peraturan yang terdefinisi dengan baik patut diperhitungkan dan dapat dijadikan salah satu prospek crypto 2023.

Sementara itu, Sander Lutz dari laman Coindesk (5/1/23), melaporkan bahwa 2023 bisa jadi tahun di mana bentrokan regulasi mencapai klimaksnya. Dalam sebuah podcast “Unchained”, Laura Shin selaku pembawa acara mengatakan, “Akan ada usul peraturan keras untuk crypto yang mendorong adanya pertempuran epik oleh komunitas untuk melawan bagian-bagiannya yang mengancam desentralisasi.”

Di sisi lain, laporan Decrypt (4/1/23) menyoroti akan adanya pengaruh politik yang bisa mempengaruhi kebijakan crypto, khususnya di Amerika Serikat. Hal ini didukung oleh pernyataan Miller Whitehouse-Levine, direktur kebijakan kelompok lobi crypto DeFi Education Fund, yang mengatakan “Saya kurang optimis tentang kejelasan peraturan crypto di tahun 2023.”

Dengan kendali Kongres yang akan terbagi tipis antara Demokrat dan Republik pada tahun 2023, Whitehouse-Levine skeptis bahwa faksi politik yang bertikai dapat mengesampingkan perbedaan mereka untuk meloloskan undang-undang peraturan crypto.

Lebih Banyak Investor Mengadopsi Bitcoin

Investor adopsi Bitcoin
Sumber: Freepik

Dilansir dari Coindesk (5/1/23), Sander Lutz melakukan perbincangan dengan Alex Gladstein, seorang ketua strategy officer dari Human Rights Foundation, yang baru saja kembali dari konferensi Bitcoin di Ghana.

“Saya terpesona, saya tercengang dengan banyaknya pengusaha dan pemimpin Bitcoin dari berbagai negara.” ucap Gladstein. Dari pengalaman Gladstein yang pergi ke pedesaan Kamerun, Republik Demokratik Kongo, Somalia, sampai dengan zona konflik, “Mereka semua hanya membangun dan mengadopsi Bitcoin. Ini benar-benar luar biasa,” ungkap Gladstein. Hal inilah yang menyebabkan dia percaya bahwa “adopsi Bitcoin secara global mungkin adalah cerita nomor satu untuk tahun 2023.”

Sementara itu, Sayantani Sanyal melaporkan bahwa terdapat banyak faktor yang akan mendorong harga Bitcoin lebih tinggi, termasuk penerimaan yang lebih besar oleh bisnis dengan permintaan yang lebih tinggi dari ETF Bitcoin. Dalam Analytics Insight, Sanyal mengatakan bahwa analis pasar memperkirakan bahwa Bitcoin dapat mencapai USD $100.000 pada akhir tahun 2023, menurut laporan Simplilearn (26/12/22). Adopsi Bitcoin secara besar-besaran inilah yang bisa jadi prospek crypto 2023.

Baca juga: Nah Loh! Iran Kembalikan 150.000 Mining Rig Sitaan ke Penambang Bitcoin! Sinyal Dukungan Terhadap Crypto?

Web3 Semakin Berkembang

Perkembangan WEB3 di 2023
Sumber: Unsplash

Menurut laporan Deston Nokes, salah satu prospek crypto 2023 adalah semakin berkembangnya teknologi Web3. Disebutkan dalam laporan, bahwa Web3 memiliki potensi untuk merevolusi cara berpikir orang banyak tentang data dan internet. Melalui teknologi blockchain, Web3 memungkinkan pengguna untuk mengambil kembali kendali atas data mereka, memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengakses, dan mentransfernya secara bebas dan aman. Selain itu, Web3 juga memiliki potensi untuk menciptakan internet yang lebih efisien dan aman dengan menghilangkan risiko pelanggaran data dan memberi pengguna kendali atas data mereka.

Sebagai tambahan, Alex Zhang, kepala de facto dari Friends with Benefits DAO memprediksi Web3 dengan mengatakan, “Web3 akan menjadi platform dan protokol sosial yang lebih bermakna,” dan meramalkan pertumbuhan dalam “identitas yang dapat dioperasikan, grafik sosial on-chain, dan pengalaman sosial abstrak crypto,” menurut laporan Coindesk (5/1/23).

Selain itu, Cathy Hackl, chief metaverse officer di Journey, memprediksi industri fashion akan terus memimpin dalam hal adopsi Web3. “Kita akan melihat kolaborasi lebih lanjut antara kepribadian Web3 dan merek busana mewah yang ingin menjelajahi model perdagangan baru dan poin kontak pelanggan.”

Tak hanya lebih fashionable, perkembangan Web3 juga disebutkan akan lebih menyenangkan karena ada banyak game yang diluncurkan pada tahun 2023. Seorang analis, Burke, optimis tentang game Web3 karena “proyek game Web3 terkemuka telah dikembangkan selama beberapa waktu lalu, termasuk Big Time, Star Atlas, Ember Sword, akhirnya akan diluncurkan pada tahun 2023, baik sebagai game lengkap atau demo yang dapat dimainkan.”

Terobosan Baru Ethereum

Terobosan baru Ethereum
Sumber: Unsplash

Setelah berhasil mencuri banyak perhatian dengan Ethereum Merge pada bulan September 2022 lalu, pergerakan Ethereum selanjutnya patut dinantikan. Dilansir dari Decrypt, pergerakan pertama Ethereum di 2023 adalah peningkatan jaringan Shanghai, yang diharapkan meluncur pada Maret 2023.

Menurut laporan, Ethereum Shanghai akan jadi yang pertama dan yang paling utama untuk memungkinkan penarikan ETH yang di-stake. Sejak The Merge diluncurkan pada bulan September 2022, pengguna dapat menyetor ETH yang ada di jaringan Ethereum untuk membantu memvalidasi transaksi Ethereum dan membuat ETH baru untuk diri mereka sendiri dalam prosesnya. Meski begitu, baik ETH yang di-stake dan ETH yang baru dibuat belum bisa ditarik. Di bulan Maret 2023 ini, semuanya akan berubah, termasuk ETH yang di-stake senilai $20 miliar akhirnya akan tersedia untuk pengguna Ethereum setelah peningkatan Ethereum Shanghai selesai.

Nah, itu dia 5 prospek crypto 2023 yang berpotensial akan terjadi menurut para ahli. Bagian mana yang paling kamu tunggu-tunggu?


*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Refrensi: