ProShares Bitcoin Strategy ETF (BITO) Melampaui Aset $2 Miliar!

author:

ProShares Bitcoin Strategy ETF (BITO) Melampaui Aset $2 Miliar!

Berita terkini dari sektor crypto telah menggemparkan pasar keuangan global. ProShares Bitcoin Strategy ETF, yang dikenal dengan singkatan BITO dan berinvestasi pada kontrak berjangka Bitcoin, telah mencatatkan prestasi luar biasa dengan total aset yang kini melebihi angka $2 miliar.

Selain itu, dalam satu bulan terakhir, BITO mengalami lonjakan aset sebesar 18% dari $1,7 miliar pada 9 Desember 2023.

Pencapaian ini tidak hanya signifikan tetapi juga menciptakan rekor baru yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ayo kita gali lebih dalam mengenai topik yang sedang ramai diperbincangkan ini.

Investasi Strategis oleh ARK Invest

strategi ark invest
Sumber: Crypto News

ARK Invest, di bawah kepemimpinan Cathie Wood, telah mengambil langkah besar dalam dunia crypto dengan menjual saham Coinbase yang bernilai lebih dari $200 juta melalui ETF yang mereka kelola.

Namun, menjelang akhir Desember 2023, ARK Invest mengalihkan perhatiannya dengan mengakuisisi saham BITO senilai $92 juta. Tindakan ini menunjukkan keyakinan ARK Invest terhadap potensi pertumbuhan ETF Bitcoin ini. Dengan batas waktu 10 Januari 2024 untuk keputusan SEC terkait persetujuan ETF Bitcoin spot yang semakin mendekat, pasar finansial secara keseluruhan menantikan dengan penuh antisipasi.

Baca juga: BlackRock dan VanEck Memperbarui Pengajuan ETF Bitcoin Setelah Mendapat Respon SEC!

Perubahan komposisi portofolio ARK Invest yang terjadi baru-baru ini bisa jadi merupakan tindakan antisipatif untuk menempatkan diri pada posisi yang menguntungkan sebelum terjadinya perubahan signifikan di pasar atau sebagai bentuk proteksi dari kemungkinan penurunan pasar.

Volume Perdagangan BITO Meningkat Tajam

proshares bito melonjak tajam
Sumber: Crypto Times

Menurut data dari YCharts, aset BITO mencapai $2.010.057.946 pada penutupan pasar tanggal 8 Januari, yang menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa sebesar 10% hanya dalam waktu satu minggu, karena naik dari $1,8 miliar pada tanggal 2 Januari 2024.

Sejak peluncurannya pada Oktober 2021, BITO telah menjadi ETF pertama di Amerika Serikat yang mengkhususkan diri pada kontrak berjangka Bitcoin. ETF ini berhasil mencapai $1 miliar aset dalam waktu yang sangat singkat setelah diluncurkan.

Di sisi lain, Grayscale’s Bitcoin Trust (GBTC) juga menunjukkan volume perdagangan yang kuat, melampaui mayoritas ETF yang ada di pasaran. Pada hari yang sama, GBTC mencatatkan perdagangan hampir setengah miliar dolar, melampaui lebih dari 99% dari sekitar 3.000 ETF yang ada saat ini.

Jika SEC menyetujui ETF Bitcoin spot dalam minggu ini, Grayscale akan memasuki pasar dengan volume perdagangan yang solid, menunjukkan keunggulan yang tidak terbantahkan atas kompetitornya.

Keberhasilan BITO menandakan babak baru dalam investasi crypto dan menunjukkan peningkatan minat dari investor institusional. Dengan kemungkinan persetujuan ETF Bitcoin spot oleh SEC, kita mungkin akan menyaksikan lebih banyak manuver strategis di pasar crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: